Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 18 Desember 2023, 10:02:00 AM WIB
Last Updated 2023-12-18T03:02:15Z
BERITA POLISINEWS

Tes Urine 15 Sopir Angkutan Umum di Salatiga dalam Rangka Antisipasi Kecelakaan Lalu Lintas menjelang Natal dan Tahun Baru 2024

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.com-Dalam upaya mengantisipasi potensi kecelakaan lalu lintas, khususnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Satlantas Polres Salatiga bekerja sama dengan Dokkes Polres Salatiga secara acak telah melaksanakan tes urine terhadap 15 Sopir Angkutan Umum (Prona) di Jalan Osamaliki Salatiga pada Senin, 18 Desember 2023.


IPTU Malkan, S.Kep Kasi Dokkes Polres Salatiga, menjelaskan bahwa tes urine dan pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan para pengemudi agar saat mengemudikan kendaraan dalam kondisi prima dan tidak terpengaruh oleh minuman beralkohol atau narkoba. Hasilnya, dari 15 sopir Prona yang diperiksa, tidak ada yang ditemukan dalam pengaruh minuman beralkohol atau narkoba.


Selain pemeriksaan, para sopir juga diberikan pembinaan dan penyuluhan oleh Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Suci Nugraheni, S.H, beserta stafnya. Mereka menekankan pentingnya keselamatan dalam berkendara, patuh terhadap aturan lalu lintas, dan menghindari konsumsi minuman beralkohol atau narkoba yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.



Salah satu sopir Prona, Anggoro, mengungkapkan rasa senangnya setelah memahami bahwa kegiatan tersebut adalah tes kesehatan dan pemeriksaan urine. Menurutnya, hal ini memberikan pemahaman tentang kondisi kesehatannya.


Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi, menyatakan bahwa tes urine ini merupakan langkah antisipasi untuk memastikan para sopir angkutan umum dalam kondisi sehat dan tidak terpengaruh oleh minuman beralkohol atau narkoba.


Tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, terutama selama perayaan Natal dan Tahun Baru, dengan harapan menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kota Salatiga.(GT)