Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 27 Januari 2024, 1:48:00 PM WIB
Last Updated 2024-01-27T08:31:12Z
BERITA UMUMNEWS

Gegara Pilkada 2020, Bupati AMR Kalah di Desa Kasango, Pemda Taliabu Minta Proposal Mesjid Nurhidayah ke MS

Advertisement


TALIABU | MatalensaNews.com,– Rehabilitasi Masjid Nurhidayah yang terletak di Desa Kasango, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara yang berdiri sejak dari tahun 2022 mulai dilakukan.


Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi masjid Nurhidayah oleh Pak Imam, La Sehe bersama masyarakat setempat.


Imam masjid Nurhidayah, La Sehe mengatakan perehaban yang dilakukan kali ini telah memasuki kurang lebih satu tahun dari tahun 2022 hingga 2024, menghabiskan anggaran swadaya masyarakat kurang lebih sebesar Rp300 juta.


Tak hanya uang, bantuan berupa material seperti semen dan lainnya pun didapatkan dari swadaya masyarakat dalam perehaban masjid Nurhidayah ini.


"Alhamdulillah perehaban untuk menjadikan Masjid Nurhayah kini sudah berjalan, dan sejauh ini anggaran masih dari swadaya masyarakat baik bantuan materi maupun material yang saat ini digunakan," Ungkapnya, pada saat ditemui awak media dilokasi kerja yang berada di Desa Kasango. Sabtu (27/1/2024).


Kata pak Imam, pekerjaan rehabilitasi pembangunan mesjid Nurhidayah ini dilakukan dua kali dalam seminggu karena warga masyarakat setempat juga untuk mencari kebutuhan mereka.


Ia menyampaikan, awal pembangunan Mesjid ini dibangun kurang lebih 30 tahun lamanya, direhabilitasi mulai dari bulan April Tahun 2022.


"Dan Luas Pembangunan mesjid Nurhidayah Kasango kurang lebih 21x25 meter persegi." Ujar La Sehe.



Sementara itu, panitia pengurus mesjid Nurhidayah ini berjumlah hanya tiga (3) terdiri dari 2 orang dari Pemerintah Desa dan 1 orang dari warga setempat.  


Seorang panitia pengurus mesjid Nurhidayah Desa Kasango yang enggan namanya dituliskan dalam pemberitaan ini, dirinya mengatakan bahwa dua kali menyodorkan proposal ke pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu, tapi hasilnya hanya kosong melompong alias politik kemarin di Pilkada tahun 2020, untuk di Desa Kasango, Bupati Aliong Mus kalah. 


"Akibat dari bupati Aliong Mus kala di Desa Kasango, disampaikan ke panitia pengurus mesjid Nurhidayah bahwa proposal tersebut harus disodorkan ke bapak Hi.Muhaimin Syarif karena beliau lah yang menang di Desa Kasango." kata mereka saat diwawancarai awak media bersama dengan seorang Caleg anggota DPRD dapil II dari Partai Gerindra Taliabu, Saudara Asrarudin La Ane. Kamis ( 25/1/2024), sekira pukul 11.30 WIT.


Menurut panitia pengurus mesjid Nurhidayah, Kedepan akan lebih memperhatikan rehabilitasi pembangunan masjid Nurhidayah di Desa Kasango, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu secara bertahap.


Meski pembanguan ini belum mendapat sentuhan dari pemerintah daerah hingga saat ini, akan berupaya lagi ke Pemerintah Daerah dan pemerintah provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) agar menganggarkan rehabilitasi pembangunan mesjid Nurhidayah di Desa Kasango tersebut. 


Menurutnya lagi, untuk rehabilitasi pembangunan mesjid Nurhidayah ini masih membutuhkan anggaran kurang lebih senilai 1,5 Miliar.  


"Untuk itu, kami berharap ke Pemerintah Daerah dan Pemprov Maluku Utara melalui Dinas terkait agar bisa di tahun 2024 ini, Untuk dikucurkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD) untuk rehabilitasi pembangunan mesjid Nurhidayah di Desa Kasango." harapnya.


Perlu diketahui bahwa, masyarakat desa  Kasango sementara beribadah menggunakan salah satu gedung pertemuan, disebabkan karena mesjid Nurhidayah mereka hingga saat ini belum bisa memastikan kapan selesainya rehabilitasi pembangunan mesjid Nurhidayah ini. (Jek)