Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 03 Januari 2024, 8:18:00 PM WIB
Last Updated 2024-01-03T13:18:33Z
BERITA PERISTIWANEWS

Hujan Deras dan Angin Kencang Timpa Pohon-Pohon Berukuran Besar di Boyolali, Rusakkan Bangunan Komplek Pemandian Peninggalan PB X

Advertisement


Boyolali|MATALENSANEWS.com-Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Boyolali, mengakibatkan puluhan pohon tumbang di Kecamatan Banyudono, Sawit, dan Teras. Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (3/1/2024) sore, dengan dampak yang signifikan di komplek wisata pemandian Umbul Tirto Marto Pengging.


Menurut relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali, Totok, kejadian terjadi sekitar pukul 12.30 - 13.00 WIB, dengan hujan dan angin kencang berlangsung selama setengah jam. Dua pohon beringin berukuran besar tumbang di komplek Umbul Tirto Marto Pengging, merusak bangunan sekitarnya, termasuk loket kolam renang untuk anak-anak.


"Pohon-pohon yang tumbang mencapai puluhan, ada yang menimpa rumah, jalan, hingga bangunan komplek pemandian. Salah satunya, pohon beringin di dalam komplek Umbul Siraman Ndalem, bekas pemandian raja Keraton Surakarta PB X," ungkap Totok.


Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali dan relawan segera melakukan evakuasi pohon-pohon yang tumbang, terutama yang menghalangi jalan. Namun, pemotongan pohon di Umbul Pengging terhenti karena alat yang terbatas dan kondisi malam yang mengganggu.


Meskipun kejadian ini menyebabkan kerusakan pada bangunan, beruntungnya tidak ada korban jiwa atau luka-luka yang dilaporkan. Hal ini disebabkan oleh kekosongan kolam renang anak-anak pada saat kejadian.


Perlu perhatian lanjutan dalam penanganan pohon yang tumbang di komplek wisata tersebut karena besarnya pohon dan keterbatasan alat yang tersedia pada malam hari. Semua upaya evakuasi dan pemulihan tengah dilakukan oleh petugas terkait.(GT)