Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 19 Januari 2024, 1:07:00 PM WIB
Last Updated 2024-01-19T06:07:28Z
BERITA POLISINEWS

Waspadai Hujan dan Angin Kencang, Ini Imbauan Kapolres Salatiga

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.com- Beberapa hari terakhir ini di Kota Salatiga sering dilanda hujan berintensitas tinggi yang disertai angin kencang sehingga mengakibatkan pohon peneduh di ruas jalan kota Salatiga tumbang, seperti kejadian di Jalan Lingkar Salatiga (JLS)  Kecandran Sidomukti  Jumat pagi, 19/01/2023.


Akibat kejadian tersebut arus lalu lintas sempat mengalami ketersendatan, namun berkat kerja keras dari Sat Samapta Polres Salatiga bersama Anggota BPBD (Badan Penangggulangan Bencana Alam Daerah) Kota Salatiga, dengan memotong pohon dan membersihkan ranting di jalanan tidak lebih dari satu jam arus lalu lintas kembali normal.


Setelah mendapat laporan dari masyarakat, kita turunkan personil untuk melakukan penebangan dan pembersihan pohon yang tumbang, tidak sampai satu jam 2 pohon yang tumbang di JLS Kecandran berhasil evakuasi, sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat, ucap AKP Samino, S.H, M.H Kasat Samapta Polres Salatiga.


Terkait banyaknya pohon tumbang yang terjadi beberapa hari terakhir ini selain berkoordinasi dengan istansi terkait untuk melakukan pemangkasan ranting pohon, hal ini guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan menimpa masyarakat.


Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi saat dihubungi melalui sambungan telepon menyampaikan agar masyarakat lebih waspada terhadap cuaca ekstrim saat ini, hujan deras disertai angin cukup kencang dapat menyebabkan pohon tumbang.


"Kita himbau saat hujan deras dan angin kencang, waspadai saat melintas di daerah rawan longsor atau banjir,  selain itu hindari berlindung / berteduh di bawah pohon,  segera ganti ban kendaraan yang sudah tipis / licin dan sediakan jas hujan atau payung" jelas AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi.


"Kita juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk  melaksanakan langkah antisipasi mencegah terjadinya bencana alam di Kota Salatiga, seperti dengam pemangkasan ranting-ranting pohon peneduh dan pemetaan daerah rawan bencana.", tutup AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi.(TRI)