Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Senin, 26 Februari 2024, 1:31:00 PM WIB
Last Updated 2024-02-26T06:31:30Z
BERITA UMUMNEWS

Wakil Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten 2025, Begini Permasalahan Pembangunan Infrastruktur Taliabu

Advertisement


BOBONG | MatalensaNews.com,– Pemerintah Daerah menggelar kegiatan rapat Forum Perangkat daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten Pulau Taliabu dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025.


Mewujudkan penguatan dan pemerataan kualitas Sumber daya manusia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan daya saing produk unggulan daerah dan layanan publik yang inovatif dan berkelanjutan badan perencanaan pembangunan Daerah (BAPPEDA). 


Gelar rapat kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten yang diselenggarakan di Aulah kantor Bupati Taliabu tepatnya di Desa Kilong, Kecamatan Taliabu Barat. Senin 26/2/2024.


Sambutan Wakil Bupati, H.Ramli   mengatakan, pemerintah Taliabu telah melakukan kegiatan Forum Perangkat daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten Pulau Taliabu dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2025.


"Bukan hanya sekedar kegiatan formalitas belaka, tetapi merupakan agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu sesuai amanat Undang-undang 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tatacara pelaksanaan perencanaan pembangunan pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah." Ucapnya.


Menurutnya, Penyelenggara Musrenbang RKPD Tahun ini merupakan penjabaran tahun keempat dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2021-2026 dan juga menjadi tahun yang terakhir RPJPD Kabupaten Taliabu Tahun 2005- 2025.


"Penyusunan RKPD Tahun 2025 saat ini diarahkan untuk mencapai visi jangka menengah tahun 2021-2026. Untuk terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu yang unggul, berakhlak mulia, Mandiri dan Sejahtera," kata Wakil Bupati.


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, baru saja kita telah selesai melaksanakan Agenda Nasional yaitu Pemilihan Umum Serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD pada tanggal 14 Pebruari 2024 yang hasilnya kita ketahui bersama.


Tidak sampai disitu, Wakil Bupati juga menyampaikan bahwa, masih terdapat Agenda penting lainnya yaitu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,  serta Pemilihan Bupati dan wakil Bupati pada bulan November 2024 mendatang.


Hal ini tentu saja membutuhkan dukungan kita semua baik Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat dengan menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan kita masing-masing. 


Oleh karena itu, Wakil Bupati juga menyebut beberapa isu strategi dan permasalahan Pembangunan yang masih kita hadapi sampai saat ini adalah Kabupaten Pulau Taliabu antara lain;


"Pertama, masih rendahnya kualitas Sumber daya manusia. Kedua, belum optimalnya pengembangan potensi ekonomi unggulan Daerah. Ketiga, masih rendahnya ketersediaan infrastruktur publik. Keempat, tingginya kerentanan kerusakan lingkungan alih fungsi lahan dan bencana alam. dan Kelima, tingginya tuntutan masyarakat akan peningkatan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan." Pungkasnya.


Diketahui Hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten tersebut diantaranya adalah, Wakil Bupati, H.Ramli, Kepala Bappeda, Samsudin Ode Maniwi, Asisten I (Satu) Syukur Boeroe seluruh Kepala OPD di lingkup Pemerintahan Pulau Taliabu, Forkopimda, Para Camat, seluruh Kepala Desa di Pulau Taliabu,  Toko Agama, dan Toko adat. (Jek)