Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Minggu, 17 Maret 2024, 1:41:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-17T06:41:56Z
BERITA POLISINEWS

Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2024: Polda Jateng Tingkatkan Preemtif dan Preventif

Advertisement

J


Laporan : Rendy

Jateng|MATALENSANEWS.com-Dalam persiapan menjelang operasi ketupat, Polda Jateng|Ditlantas Polda Jateng mendorong upaya preemtif dan preventif. Operasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan di jalan raya.


Menurut Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, sejumlah kegiatan menjadi fokus dalam upaya preemtif dan preventif. "Kegiatan ini menjadi ciri khas Polda Jateng dalam operasi keselamatan Lalulintas, dengan sasaran prioritas pada kalangan muda dan awak angkutan umum," ujarnya pada Minggu (17/3/2024).


Kegiatan unggulan tersebut dilaksanakan di 35 Polres di Jawa Tengah dan mencakup:


1. **Ramp Check Kendaraan Umum**: Pemeriksaan kelengkapan kendaraan di terminal dan garasi angkutan umum untuk memastikan kesiapan operasional kendaraan di jalan raya. Polda Jateng berkolaborasi dengan dinas perhubungan setempat dalam kegiatan ini.


2. **Pemeriksaan Kesehatan Awak Angkutan Umum**: Kerjasama antara Polda Jateng dan Dinas Kesehatan setempat untuk memeriksa kesehatan awak kendaraan di terminal dan garasi angkutan umum. Tes urine juga dilakukan untuk mendeteksi konsumsi narkoba.


3. **Sosialisasi Keselamatan di Pesantren**: Melalui program "Police Goes To Pesantren", Polda Jateng mengedukasi komunitas santri tentang keselamatan berlalu lintas. Materi yang disampaikan meliputi aturan berlalu lintas, etika berkendara, dan teknik mengemudi yang aman.


Selain tiga program unggulan tersebut, Polda Jateng juga memberikan edukasi kepada komunitas pengendara motor dan ojek, serta melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat umum melalui pembagian brosur, leaflet, dan pemasangan spanduk di lokasi strategis.


Dengan upaya ini, diharapkan kesadaran dan disiplin berlalu lintas dapat meningkat, serta terciptanya kondisi keselamatan yang lebih baik di jalan raya.(**)