Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Kamis, 28 Maret 2024, 6:57:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-28T11:57:42Z
BERITA POLISINEWS

Perkuat Sinergitas dan Kolaborasi Antar Instansi, Polda Jateng Gelar Rakor Linsek Ops Ketupat Candi 2024

Advertisement


MAGELANG|MATALENSANEWS.com- Polda Jateng kembali menegaskan komitmennya dalam memperkuat sinergitas dan kolaborasi antar instansi dengan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor (Rakor Linsek) dalam rangka menyambut Ops Ketupat Candi 2024. 


Acara yang diselenggarakan di Hotel Artos, Kabupaten Magelang, Kamis (28/3/2024) tersebut dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen Deddy Suryadi, serta dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Polda Jateng, Dandim, Danrem, Kapolres, dan Kepala Daerah se Jawa Tengah.


Ops Ketupat Candi 2024, yang akan melibatkan sebanyak 12.506 personil gabungan TNI-Polri dan stakeholder terkait, akan menempatkan personil tersebut di 196 Pos, yang terdiri dari Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu. 


Dalam rangka mengantisipasi kemacetan dan memastikan kelancaran arus mudik, Polda Jateng juga menyiapkan Tim Strong Point yang terdiri dari Satlantas, Samapta, dan TNI, yang akan bergerak secara mobile untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.


Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, menjelaskan bahwa rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam melayani masyarakat selama Ops Ketupat Candi 2024.


 "Kegiatan ini menindaklanjuti Rakor Linsek tingkat Nasional yang telah digelar sebelumnya. Kami juga siapkan Tim Strong Point yang terdiri dari Satlantas, Samapta dan TNI. Tim ini bergerak secara mobile untuk mengantisipasi kemacetan dan menciptakan Kamseltibcarlantas," ujar Kapolda.


Dalam rakor tersebut, Kapolda juga menyampaikan sejumlah direktif terkait antisipasi peredaran dan penggunaan petasan, pengamanan di tempat wisata, penanganan bencana, serta pengawasan bahan kebutuhan pokok masyarakat. 


Semua langkah tersebut diambil untuk menciptakan kestabilan harkamtibmas serta menjamin kelancaran, keamanan, dan kenyamanan masyarakat selama ibadah puasa dan arus mudik Lebaran 2024.


Selain itu, dalam rangka menangani kemacetan lalu lintas yang diperkirakan akan terjadi pada masa mudik, Polda Jateng juga menggelar tactical floor game untuk memetakan permasalahan dan solusi pengaturan arus lalu lintas. 


"Tactical floor game mensimulasikan solusi terhadap permasalahan lalu lintas yang terjadi di jalur tol, jalur tengah maupun jalur selatan - selatan. Sehingga nanti bila terjadi lonjakan arus kita sudah siap," jelas Kapolda.(Sofie Rahmawati)