Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Kamis, 14 Maret 2024, 8:10:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-14T13:10:26Z
BERITA TNINEWS

Prajurit Kodam IV/Diponegoro Evakuasi Korban Banjir Genuk

Advertisement


Semarang |MATALENSANEWS.com- Dandim 0733/KS Kolonel Inf Rahmad Saerodin, S.I.P., M.I.Pol., didampingi Danramil 06/Genuk Mayor Inf  Rahmatullah AR. S.E. M.M., bersama Kepolisian Jateng dan BPBD terjun langsung meninjau lokasi banjir di Kec. Genuk, Kota Semarag, tepatnya di seputaran jalan raya Kaligawe Kelurahan Terboyo Kulon kecamatan Genuk Kamis (14/03/2024).


Diketahui semenjak beberapa hari terakhir wilayah Semarang dilanda cuaca ekstrem dimana hujan dengan intensitas yang cukup tinggi terus mengguyur sehingga menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir.


Terkait dengan bencana yang sedang melanda, Dandim mengatakan beberapa langkah telah dilakukan untuk membantu evakuasi masyarakat dan mengurangi debit air yang menggenang pemukiman maupun jalan raya.


Diantaranya mengerahkan beberapa kendaraan truk maupun LCR untuk mengevakuasi masyarakat ketempat yang lebih aman, melakukan koordinasi dengan BNPD terkait pengoperasian pompa portable untuk mengurangi volume air serta mendirikan posko darurat.


"Kami menurunkan kendaraan Truk TNI, LCR hingga mengerahkan personel Kodim untuk membantu masyarakat disini," ungkap Dandim.


Dimana para Babinsa Kodim 0733/KS gerak cepat mengevakuasi para dokter, perawat, pasien beserta keluarga hingga perawat yang ada di Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Termasuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir dari bawah tol layang Kaligawe ke terminal Terboyo maupun sebaliknya.


Selanjutnya untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang sampai saat ini terus melanda, Dandim turut mengatakan bahwa pihaknya bersama Polda Jateng maupun BNPB akan mensiagakan anggotanya termasuk beberapa perahu karet maupum kendaraan lainnya yang sewaktu-waktu dapat dikerahkan untuk mengevakuasi masyarakat. 


"Selain memberikan pelayanan fasilitas, kami juga akan membantu dalam pengaturan lalu lintas sehingga dapat tetap lancar dan tidak terputus meskipun keadaannya tergenang banjir", tutupnya.(Rendy) 


Sumber : Pendam IV/Diponegoro