Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 08 Maret 2024, 5:16:00 AM WIB
Last Updated 2024-03-07T22:16:34Z
NEWSRegional

Seluruh Desa di Sukoharjo Terima Bantuan Dana Desa Tahap I Tahun 2024

Advertisement


SOLO|MATALENSANEWS.com- Seluruh desa di Kabupaten Sukoharjo telah menerima bantuan dana desa tahap I dari pemerintah pusat. Sebanyak 150 desa telah menerima bantuan tersebut, dengan nilai yang tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, berkisar antara Rp800 juta hingga Rp1 miliar per desa.


Bantuan tersebut diberikan untuk mendukung program-program prioritas seperti penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), ketahanan pangan, dan penanganan stunting, Kamis (7/3/24). 


Menurut Kepala Desa Karangasem, Bambang Minarno, meskipun terjadi sedikit kenaikan nilai bantuan, namun tidak terlalu signifikan. Di Desa Karangasem, bantuan dana desa sekitar Rp850 juta, jumlah yang hampir sama dengan tahun sebelumnya. 


Pembangunan infrastruktur tetap menjadi perhatian utama pemerintah desa, sementara pembangunan nonfisik seperti ketahanan pangan juga menjadi prioritas dengan melibatkan kelompok tani.


Penanganan stunting juga tetap menjadi fokus utama, dengan upaya pemetaan sasaran dan pemberian asupan gizi yang sesuai. Nilai bantuan dana desa yang diterima oleh setiap desa bervariasi, bergantung pada beberapa variabel seperti luas wilayah, jumlah penduduk, dan kondisi kemiskinan. 


Pencairan dana desa dilakukan dalam dua tahap, dengan pencairan tahap II yang direncanakan pertengahan tahun, dan pemerintah desa diharapkan segera melaksanakan program-program yang telah direncanakan.(Red)