Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Kamis, 07 Maret 2024, 2:44:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-07T07:44:19Z
BERITA PERISTIWANEWS

Talut Ambrol, Gedung SMPN 1 Gladagsari Terancam Longsor

Advertisement


Laporan : Goent

BOYOLALI|MATALENSANEWS.com-- Gedung SMP Negeri (SMPN) 1 Gladagsari, yang terletak di Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, menghadapi ancaman longsor setelah talut pagarnya ambrol, Kamis (7/3/24).


Menurut Jumar, penjaga sekolah, talut yang longsor terletak di bagian depan sisi timur gedung sekolah tersebut. Talut tebing setinggi sekitar 4 meter itu ambrol sepanjang sekitar 10 meter, merusak sebagian bangunan ruang parkir sepeda motor.


Gedung Sekolah Mepet dengan Tebing yang Tergerus Longsor


Tidak hanya bangunan sekolah yang terancam, talut longsor juga mengenai satu rumah milik warga yang berada di bawahnya. Beruntungnya, rumah tersebut tidak mengalami kerusakan berarti, hanya talut itu mepet dan bersandar ke dinding rumah. Menurut Jumar, kejadian longsor terjadi sekitar pukul 15.00 WIB setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras sejak sekitar pukul 12.00 WIB.


Pengamanan Siswa Diprioritaskan, Gedung Yang Membahayakan Diminta Dikosongkan


Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Lasno, telah meminta kepada kepala SMPN 1 Gladagsari agar gedung yang mengkhawatirkan itu untuk dikosongkan terlebih dahulu demi keselamatan siswa dan keamanan sarana prasarana sekolah. 


Lasno menekankan bahwa gedung tersebut sangat membahayakan dan harus segera dikosongkan. Meskipun ruangannya sudah terbatas, aset-aset yang berpotensi membahayakan akan dialihkan ke ruangan lainnya. Lasno juga mencatat bahwa ini bukanlah kali pertama talut di lokasi tersebut mengalami longsor, dengan kejadian sebelumnya terjadi sekitar tahun 2018-2019.


Dengan keadaan yang memprihatinkan tersebut, upaya pengamanan dan penanganan lebih lanjut akan terus dilakukan demi menjaga keselamatan siswa dan meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi.(**)