Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 17 April 2024, 12:05:00 AM WIB
Last Updated 2024-04-16T17:05:14Z
BERITA UMUMNEWS

BMKG: Semarang dan Sejumlah Wilayah Jawa Tengah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem, Imbauan Waspada Selama Tiga Hari ke Depan

Advertisement

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo

SEMARANG|MATALENSANEWS.com-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyampaikan peringatan tentang potensi cuaca ekstrem di Kota Semarang dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Potensi ini diprediksi akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 16 hingga 18 April 2024.


Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo, menjelaskan bahwa Kabupaten/Kota Semarang dan sekitarnya, termasuk daerah di sepanjang Pantura, serta wilayah Timur, Selatan, dan pegunungan tengah Jawa Tengah, memiliki risiko mengalami cuaca ekstrem. Hal ini disebabkan oleh gangguan pada atmosfer yang meningkatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah tersebut.


Analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktifnya gelombang Equatorial Kelvin, gangguan atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO), dan pola belokan angin serta konvergensi yang dominan di Pulau Jawa, termasuk Jawa Tengah. Situasi ini menyebabkan pertumbuhan awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jawa Tengah.


BMKG mengimbau masyarakat di wilayah rawan bencana untuk tetap waspada dan siaga, terutama saat terjadi hujan lebat. Langkah pencegahan perlu diambil mengingat potensi dampak yang dapat timbul, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, sambaran petir, dan pohon tumbang.(Farid)