Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 15 April 2024, 5:02:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-15T10:02:58Z
BERITA UMUMNEWS

Pj Gubernur Jateng Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Selama Seminggu ke Depan

Advertisement


Semarang|MATALENSANEWS.com- Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca selama sepekan ke depan. 


Menurutnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan masih akan turun dari sedang hingga tinggi dalam satu minggu mendatang, Minggu (14/4/24).


Nana mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan antisipasi dengan menyiagakan seluruh peralatan yang dimiliki untuk dapat digunakan secara cepat dalam kondisi darurat. 


Meskipun begitu, koordinasi terus dilakukan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BMKG, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh wilayah Jawa Tengah.


"Misalnya ada peningkatan curah hujan atau cuaca ekstrem, kami akan segera memohon bantuan untuk rekayasa atau modifikasi cuaca,” ujarnya.


Sementara itu, berdasarkan pantauan di Posko Lebaran 2024 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah per 12 April 2024, selama periode Lebaran tidak terjadi bencana alam yang signifikan. 


Data sementara menunjukkan bahwa terdapat 2 kejadian rob, 11 kejadian tanah longsor, serta 7 kejadian bencana lainnya, dengan total kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 80 juta.(Farid)