Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Senin, 13 Mei 2024, 9:53:00 PM WIB
Last Updated 2024-05-13T14:53:07Z
BERITA TNINEWS

Kodim 0736/Batang Siap Sukseskan Optimasi Lahan Dan Pompanisasi/Pipanisasi

Advertisement


Batang,MATALENSANEWS.com- Kodim 0736/Batang bekerja sama dengan Dispaperta (Dinas Pangan dan Pertanian) setempat melaksanakan Perluasan Area Tanam (PAT) dengan total luas 1.414 hektar yang tersebar di 15 kecamatan. Hal tersebut merupakan upaya untuk mengatasi lahan pertanian yang kian berkurang hingga Juni mendatang.


Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman mengatakan, hingga saat ini luas lahan yang berhasil dioptimasi mencapai 666 hektar atau 47 persen. "Salah satu lahan yang menjadi sasaran di Desa Sawahjoho Warungasem seluas 5 hektar, hari ini yang sudah dikerjakan seluas 1 hektar dan kegiatan ini akan terus berlanjut sampai memenuhi target" ungkapnya, saat ditemui di lahan desa setempat, Senin (13/5/2024).


Kegiatan serupa akan dilakukan secara berkelanjutan di lahan-lahan desa yang tersebar di 15 kecamatan untuk membantu petani menggarap sawah. Hingga target perluasan area tanam terpenuhi akhir Juni nanti.


Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Warungasem, Hikmah Fitriyani menerangkan, khusus di area lahan Desa Sawahjoho difokuskan untuk tanaman padi dan jagung. "Di sini mayoritas lebih diutamakan untuk menanam padi dan jagung, yakni Sawahjoho dan Kalibeluk," bebernya.


Ia juga menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menyatukan visi dan komitmen dalam menjalankan kegiatan Perluasan Area Tanam padi dan pompanisasi/pipanisasi di lahan-lahan sawah tadah hujan guna meningkatkan produksi pangan nasional. “Program ini menjadi jawaban terhadap tantangan cuaca yang kerap menghambat produksi padi,” tambahnya.


Sebagai wujud dukungan, Dispaperta akan memberikan bantuan berupa alat pompa untuk mengoptimalkan sistem pengairan. "Ini penting dilakukan untuk membantu percepatan pengairan di musim tanam kedua," tandasnya.(Djoko S)