Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Sabtu, 29 Juni 2024, 1:56:00 AM WIB
Last Updated 2024-06-28T18:56:56Z
BERITA POLISINEWS

AKBP Petrus Parningotan Silalahi Dimutasi dari Kapolres Boyolali ke Kapolres Sragen

Advertisement

AKBP Petrus Parningotan Silalahi

Laporan : Goent

Boyolali,MATALENSANEWS.com- Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, dimutasi ke jabatan baru sebagai Kapolres Sragen berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1236/VI/KEP./2024. AKBP Muhammad Yoga Buanadipta Ilafi akan menggantikan posisi AKBP Petrus sebagai Kapolres Boyolali.


Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, resmi dimutasi ke jabatan baru sebagai Kapolres Sragen berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1236/VI/KEP./2024. Sebelumnya, AKBP Petrus menggantikan Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, dalam acara lepas-sambut yang digelar di Mapolres Boyolali pada 20 Januari 2023.


Berdasarkan surat telegram tersebut, posisi Kapolres Boyolali akan diemban oleh AKBP Muhammad Yoga Buanadipta Ilafi, yang sebelumnya bertugas di Bareskrim Polri. “Pak Kapolres Petrus ditugaskan ke Sragen. Penggantinya dari Bareskrim Polri,” ujar Kasi Humas Polres Boyolali, AKP Arif Mudi Prihanto, Jumat (28/6/2024).


AKBP Muhammad Yoga Buanadipta Ilafi juga merupakan alumni penyidik KPK seperti AKBP Petrus Parningotan Silalahi. Mengenai agenda serah terima jabatan, Arif mengatakan bahwa jadwal pelaksanaannya belum diketahui.


Dalam masa tugasnya, AKBP Petrus sempat bertugas sebagai penyidik KPK hingga akhir Mei 2021. AKBP Petrus ditarik dari KPK bersama dua perwira menengah lainnya berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1109/V/KEP/2021 tertanggal 31 Mei 2021. 


Dua perwira lainnya, yaitu Kompol Edwar Zulkarnain dan Kompol Ardian Rahayudi, juga dimutasi dari KPK. Edwar dan Petrus saat itu dimutasi menjadi Pamen Polda Metro Jaya, sementara Ardian dimutasi menjadi Pamen SSDM Polri.


Ketika ditanya mengenai penerapan pengalaman kerjanya di KPK saat menjadi Kapolres Boyolali, AKBP Petrus mengatakan akan melihat situasi ke depan sebelum memutuskan. “Kami akan melihat bagaimana kolaborasi dari pengalaman yang telah kami dapatkan sebelumnya di KPK dengan kondisi kantor Polres Boyolali sekarang ini. Kami akan melakukan modifikasi dan kolaborasi,” kata dia.


AKBP Petrus berharap bisa menjadikan Polres Boyolali lebih dicintai masyarakat Boyolali dengan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan memberikan solusi atas setiap keluhan dan permasalahan mereka. “Saya harus membuat masyarakat itu nyaman, aman, dan tenteram. Itu memang cita-cita dari polisi,” ujarnya.


Dengan adanya pergantian jabatan ini, diharapkan Polres Boyolali dapat terus meningkatkan pelayanan dan kedekatan dengan masyarakat, serta mengimplementasikan pengalaman-pengalaman positif yang didapatkan dari tugas-tugas sebelumnya.(**)