BPN ICI Jateng Gelar Diskusi Terbatas atau Focus Group Discussion (FGD) -->

BPN ICI Jateng Gelar Diskusi Terbatas atau Focus Group Discussion (FGD)

Monday, December 30, 2019, December 30, 2019
Semarang,MATALENSANEWS.com-Bertempat di PIKK Lopait Tuntang Kabupaten Semarang,Badan Pekerja Nasional Indonesia Coruption Investigaton  (BPN ICI) Jateng menggelar diskusi terbatas atau Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Implementasi Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Jawa Tengah" .

Beberapa LSM hadir dalam FGD yang diadakan kemarin, Sabtu (28/12/2019) diantaranya LPKPP, LMPI, Wargem, GNPK, LCKI, IPJT, GMKI,LAPK SIDAK , Pemuda Pancasila, juga hadir Forsekdesi, Papdesi, Hamong Projo, Fatayat NU, IPPNU, dan masih banyak lagi.

Nampak beberapa narasumber yaitu dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Semarang diwakili Dwi Endah SH, Iptu Winardi (mewakili Ditreskrimsus Polda Jateng) serta Dr Khrisna Djaya Darumurti SH MH (Direktur LSM ICI Jateng, yang juga Dosen FH UKSW Salatiga). 

Wakil Bupati Semarang H Ngesti Nugraha SH,MH yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, pencegahan korupsi itu dapat dilakukan awalnya dari diri sendiri.Tetapi apabila diri sendiri tidak dapat mengendalikan maka baru melibatkan orang lain.Untuk itu, agar tidak muncul korupsi maka diri kita itu harus punya prinsip dan tegas dalam menyikapinya. 

"Paling tidak pencegahan korupsi itu harus diawali dari diri sendiri. Jika dirinya sendiri tidak dapat mencegahnya maka baru akan melibatkan orang lain," katanya.

Dalam diskusi FGD para peserta terbagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan tema dalam FGD,sehingga diharapkan ada rekomendasi yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah khususnya Pemkab Semarang.(Anden/Tri)

TerPopuler