KRI Gulamah 869, Kapal Perang Buatan Anak Bangsa di Koarmada II -->

KRI Gulamah 869, Kapal Perang Buatan Anak Bangsa di Koarmada II

Thursday, December 19, 2019, December 19, 2019
MATALENSANEWS.com-Kekuatan armada perang Koarmada II TNI AL bertambah dengan hadirnya kapal peranghasil karya anak bangsa, yakni KRI Gulamah 869 yang merupakan buatan PT CMS.

Pengoperasian kapal perang jenis Patroli Cepat (PC) berukuran 40 meter ini, diresmikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, di Dermaga Batavia, Sunda Kelapa Marina, Ancol Jakarta Utara, Rabu (18/12/2019).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan (BAP) oleh Kadismatal Laksma TNI Budi Sulistyo. Dalam waktu dekat, Aslog Kasal Laksda TNI Moelyanto akan menyerahkan KRI Gulamah 869 kepada Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto.

Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto mengatakan, nantinya KRI Gulamah 869 dikendalikan Satrol Lantamal V Surabaya. Heru berharap, dengan kapal baru ini intensitas patroli bisa ditingkatkan, dan area operasi bisa diperluas hingga ke daerah yang sebelumnya sulit dijangkau padahal rawan kejahatan dan pelanggaran hukum.

"Dengan kehadiran KRI Gulamah 869 di Satrol Lantamal V, intensitas patroli akan dapat ditingkatkan, supaya timbul rasa aman di kalangan masyarakat pengguna jasa transportasi laut," ujar Heru.

Pada kesempatan itu pula, Kasal Laksamana Siwi melantik dan mengukuhkan Mayor Laut (P) Salus Yustian Harin Prawidana sebagai Komandan KRI Gulamah 869.

Menjelang acara peninjauan kapal bersama rombongan, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji menjalani prosesi pecah kendi. Pecah kendi ini adalah acara tradisi angkatan laut saat mendapatkan kapal baru.(Hum/Red)

TerPopuler