Pemerintak Akan Berikan Diskon Listrik Untuk Pelanggan Golongan 1.300 Volt Ampere (VA) -->

Pemerintak Akan Berikan Diskon Listrik Untuk Pelanggan Golongan 1.300 Volt Ampere (VA)

Wednesday, April 15, 2020, April 15, 2020
Foto : ilustrasi PLN
MATALENSANEWS.com-Tegangan 450 volt ampere (VA) dan 900 Volt Ampere (VA) bersubsidi selama bulan April 2020 hingga bulan Juni 2020 dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) perlu ditingkatkan. Insentif tersebut untuk grup pelanggan 1.300 VA

Saat ini seluruh pelanggan listrik golongan 450 Volt Ampere (VA) akan digratiskan dari tagihan listrik selama bulan April, Mei dan Juni 2020, sementara pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA) bersubsidi mendapat keringanan tarif listrik hingga 50 persen pada periode yang sama

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mempercayai bahwa pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan keringanan listrik untuk pelanggan golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 Volt Ampere (VA) bersubsidi, peningkatan kinerja wabah virus Corona ( Covid-19 ) di Indonesia tiga bulan ke depan.

Jika situasinya diperlukan, tidak boleh pemerintah juga memberikan diskon listrik untuk pelanggan golongan 1.300 Volt Ampere (VA).

Kementerian ESDM pada pembahasan yang terus-menerus membahas dan menghitung tentang kebijakan keringanan tagihan listrik, termasuk potensi untuk meningkatkannya kebijakan tersebut ke sektor lain seperti UMKM, bisnis, dan industri.

“ Kami tetap siapkan alternatif skenario. Selama tiga bulan kebijakan ini sedang berlangsung, kami terus melakukan tinjauan, ”ungkap Hendra Iswahyudi pada hari Selasa tanggal 14 April 2020.

Pemerintah juga menentukan kebijakan keringanan tarif listrik pengalihan 40 persen masyarakat miskin dan rentan miskin di Indonesia berdasarkan penggunaan Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diharapkan dapat membuat kebijakan yang tepat sasaran.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, jumlah pelanggan listrik golongan 450 Volt Ampere (VA), baik prabayar maupun pascabayar, mencapai 23,83 juta pelanggan per Februari 2020, sementara jumlah pelanggan listrik golongan 900 Volt Ampere (VA) bersubsidi, baik prabayar maupun pascabayar, ditampilkan Sebesar 7,29 juta.(Hum/Red)

TerPopuler