Polres Salatiga, Menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2020 -->

Polres Salatiga, Menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2020

Sunday, April 26, 2020, April 26, 2020
Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2020 di ruang pendopo Polres
Salatiga,MATALENSANEWS.com-Jelang pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2020 jajaran Polres Salatiga Polda Jawa Tengah menggelar Latihan Pra Operasi Ketupat Candi 2020 di ruang pendopo Polres, adapun dalam tema kegiatan adalah Melalui optimalisasi giat preemtif dan preventif yang di dukung kegiatan gakkum dan banops Kita Tingkatkan kemampuan personel dan sinergitas antar fungsi dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam kaitanya dengan pelarangan mudik guna mencegah penyebaran Covid 19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman,Sabtu (25/04/2020).

Pembukaan Latihan Operasi Ketupat Candi 2020 dibuka oleh Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat S,S yang diikuti oleh Waka Polres Salatiga Kompol I Ketut Tutut SH, Para Kabag, Para Kasat,Para Kapolsek,Para Kasie dan seluruh anggota personil Polres Salatatiga.

Menurut Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Djoko Lelono,Kapolres Salatiga dalam sambutannya Mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta lat Pra Ops ketupat Candi 2020. Kegiatan Ops Ketupat Candi 2020 sudah di mulai kemarin pukul 00.00 Wib yang akan di laksanakan selama 37 hari untuk mengamankan kegiatan masyarakat dan mencegah covid 19 dan melarang untuk masyarakat mudik.Ops Ketupat Candi tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Tujuan lat pra ops adalah untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan sinergitas  antar fungsi dan sarana prasaran yang ada di Polres Salatiga  untuk mendukung giat Ops Ketupat Candi 2020

Target kegiatan ini adalah untuk mencegah penyebaran virus covid 19 secara umun perkembangan penyebaran virus Covid 19 di jawabb tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan di Salatiga semua sudah terdampak dan tidak ada zona hijau di Salatiga di jawa tengah yang termasuk Zona hijau adalah Kan Brebes.

Kami mencoba merumuskan dengan kab semarang untuk mendukung pemerintah memutus rantai covid 19 dengan opsi terakhir adalah PSBB dengan tujuan memutus rantai Covid 19 mengharapkan  stake holder di jawa tengah untuk meningkatkan intensitas penindakan dan himbauan kepada masyarakat secara masif agar masyarakat mentaati himbauan dari pemerintah .

Giat Ops Ketupat candi 2020 dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik untuk mendukung upaya pencegahan covid 19 di Kota salatiga.terkait penyebaran Covid 19 di salatiga ada 4 cluster adalah pulangnya warga Salatiga dari Amerika Serikat,Kembalinya warga Salatiga dari Italia, Seorang pelaju dari Salatiga di semarang dan seorang dokter RSUD di Kota Salatiga.

Pelaju yang sering bolak balik ke luar kota menjadi salah satu penyebab penyebaran covid 19 oleh karena itu Ops Ketupat Candi 2020 sangat penting di titik perbatasan Kota Salatiga menuju Kota lain dari pemerintah Provinsi sudah melakukan intensitas pemeriksaan yang ketat di laksanakan di batas Kota adapun langkah langkah antara lain  menertibkan di pasar modern ataupun tradisional upaya dari Disperindagkop, hal ini sangat menjadi perhatian dalam ops ketupat candi 2020 sehingga out come maksimal dan memberi manfaat tolak ukur adalah perkembangan setiap hari terkait virus Covid yang berada di Kota Salatiga.

Target Ops Ketupat candi 2020 adalah agar masyarakat lebih ware dan care terhadap perkembangan penyebaran virus covid 19 untuk memutus penyebaran corona.apabila PSBB di laksanakan di Jawa Tengah maka dampak sosial dan ekonomi serta lainnya akan sangat mempengaruhi.

Terkait  ibadah di bulan Ramadhan agar mendorong untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah kami tidak melarang terkait kegiatan ibadah apapun namun mendorong untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah.

Ops Ketupat Candi 2020 sedikit memberikan perbedaan dari ops sebelumnya target adalah mencegah adanya pemudik keluar ataupun pemudik masuk untuk melakukan pendataan terhadap warga yang masuk atau keluar Kota salatiga untuk angka mudik di Salatiga cukup sedikit namun tetap untuk di antisipasi

Agar di bentuk kampung siaga covid di tingkat RT dan RW berkoordinasi dengan pemerintah Kota Salatiga . Pelaksanaan ops ini adalah meskipun di laksanakan di tengah keprihatinan terkait penyebaran Covid 19 di Salatiga namun hal ini tidak membuat surut dan tetap secara maksimal utk masyarakat Salatiga umun di Jawa Tengah.

Selesai sambutan oleh Kapolres, kegiatan dilanjutkan dengan paparan Kabag Ops Kompol Sairi SH menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawab, sasaran operasi, tujuan operasi dan cara bertindak dalam pelaksanaan tugas operasi dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2019.

“Sampai saat ini, situasi kamtibmas di wilayah hukum polres Salatiga pada umumnya aman dan kondusif, tetapi kita harus selalu waspada, serta menyikapi setiap perkembangan yang ada,” jelasnya.(Guntur)

TerPopuler