Bahas Hubungan Kerja Sama: Kepala Bakamla RI Komunikasi Vicon Dengan Komandan US Coast Guard Wilayah Pasifik

Bahas Hubungan Kerja Sama: Kepala Bakamla RI Komunikasi Vicon Dengan Komandan US Coast Guard Wilayah Pasifik

Saturday, June 27, 2020, June 27, 2020
Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta
Jakarta,MATALENSABEWS.com-Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. melaksanakan komunikasi melalui saluran video teleconference dengan Komandan US Coast Guard Wilayah Pasifik (Pacific Area Commander U.S. Coast Guard) Vice Admiral (Laksamana Madya) Linda L. Fagan dari Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/6/2020).

Kedua perwira tinggi bintang tiga tersebut berkomunikasi lebih kurang selama tiga puluh menit, selain membicarakan isu-isu terkini keamanan laut berbagai kawasan dunia, juga membicarakan terkait kerja sama yang telah terjalin erat antara kedua belah pihak sejak 2017, serta peningkatan kerja sama yang akan dilaksanakan ke depan.

Pacific Area Commander U.S. Coast Guard (USCG) Vice Admiral Linda L. Fagan menyampaikan apresiasi dan dukungan yang tinggi atas pengangkatan Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos. M.M. sebagai Kepala Bakamla RI yang baru, juga menyampaikan bahwa penting bagi Indonesia memiliki Bakamla RI atau Coast Guard yang kuat dalam rangka memastikan keamanan dan keselamatan laut nasionalnya.

Disampaikan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia. S.Sos., M.M. kepada Vice Admiral Linda L. Fagan, bahwa sejak ditandatanganinya Work Plan antara Bakamla RI dan US Coast Guard pada tahun 2017 lalu hingga saat ini telah dilaksanakan sejumlah kerja sama yang memprioritaskan pada peningkatan kapasitas, seperti pendidikan dan pelatihan di Akademi USCG, sekolah calon perwira, kursus perwira maritim internasional, pelatihan teknis keamanan laut, pertukaran tenaga ahli, melaksanaan workshop, seminar, dan berbagi pengalaman praktek dan lesson learned. “Termasuk diadakannya pelatihan dasar dan lanjutan bagi personil Bakamla RI di pusat pelatihan USCG di AS, seperti Boatswain Mate, Damage Controlman, Machinery Technician, Electrician Mate, Maritime law Enforcement Specialist, Gunner’s Mate, Intelligence Specialist, dan lainnya termasuk empat kali pelatihan oleh Mobile Training Team (MTT) USCG terkait Small Boat Operation, Boarding Party Officer 1 dan 2”, jelas Kepala Bakamla RI.(Hum/Red)

TerPopuler