PPWI Akan Selenggarakan DJO-HM Minggu Depan -->

PPWI Akan Selenggarakan DJO-HM Minggu Depan

Saturday, July 4, 2020, July 04, 2020
Diklat Jurnalistik Online Hari Merdeka (DJO-HM) selama tiga hari
Jakarta,MATALENSANEWS.com– PPWI Nasional akan menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Online Hari Merdeka (DJO-HM) selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu, 9-11 Juli 2020 mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengisi peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini. Proses belajar-mengajar dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 – 12.00 WIB setiap harinya.

DJO-HM diperuntukan bagi semua kalangan, termasuk wartawan dan mereka yang sedang menuntut ilmu jurnalistik di perguruan tinggi. Warga masyarakat biasa dan para profesional di semua bidang dapat turut belajar jurnalisme praktis dalam DJO ini. Ruang belajar DJO akan memanfaatkan aplikasi WhatsApp group dan Zoom Meeting.

Seperti DJO PPWI yang sudah dilaksanakan sebanyak 5 angkatan sejak Maret 2020 lalu, kegiatan diklat ini dirancang sebagai wadah pembelajaran praktis yang membina para pembelajar praktek menulis berita dan artikel. Setiap orang, dengan tingkat pendidikan yang paling rendah sekalipun hingga ke para professor dapat memanfaatkan ruang DJO ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan jurnalistiknya.

Materi diklat yang akan disajikan dan dipraktekkan dalam DJO dimaksud mencakup:
1. Dasar-dasar Bahasa Indonesia.
2. Cara Praktis Membuat Berita.
3. Editing/Penyuntingan Artikel/Berita.
4. Cara Praktis Mengunggah Berita di Media Online.

Para instruktur yang akan berpartisipasi berbagi ilmu dan pengalaman dalam kegiatan ini adalah para pakar dan praktisi jurnalistik nasional, antara lain:
1. Wilson Lalengke, Ketua Umum PPWI, Pimred media online Pewarta Indonesia.
2. Mung Pujanarko, Dosen Komunikasi dan Jurnalistik Universitas Jayabaya, Jakarta.
3. Saefudin Simon, Mantan Redaktur media cetak Republika, kolumnis berbagai media online nasional.

Fasilitas yang akan diberikan kepada para peserta diklat adalah:
1. Materi diklat dalam bentu soft-copy.
2. E-Sertifikat Diklat Jurnalistik Online dari Dewan Pengurus Nasional PPWI.
3. Akses publikasi ke media-media online yang dikelola oleh PPWI dan jaringannya.

Bagi warga yang ingin mengikuti diklat ini, diharapkan untuk memberikan bantuan donasi sebesar Rp. 100.000,- per orang. Seluruh bantuan donasi ini akan didistribusikan kepada rekan-rekan pewarta warga dan warga masyarakat yang kesulitan sembako akibat wabah Covid-19.

PPWI mendorong kita semua untuk peduli sesama sambil belajar, belajar sambil peduli warga di sekitar kita. Silahkan daftarkan diri melalui Imansyah Rukka, Ketua DPD PPWI Sulawesi Selatan yang menjadi koordinator kegiatan DJO-HM Angkatan 1 ini, di nomor kontak/WA: +62 853-9862-8668. Sampai bertemu di Ruang Kelas DJO-HM PPWI. (APL/Red)

TerPopuler