Mahasiswa Unwahas Raih Dana PKM Kemendikbud -->

Mahasiswa Unwahas Raih Dana PKM Kemendikbud

Saturday, August 8, 2020, August 08, 2020
Universitas Wahid Hasyim
Semarang-MATALENSANEWS.com-  Delapan tim mahasiswa Unwahas berhasil meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI seperti informasi yang diterima redaksi pada Jumat (7/8/2020).

Tim ini berasal dari berbagai program studi dengan dosen pembimbing antara lain Lutfi Aris Sasongko- Agribisnis (PKM Kewirausahaan), Fandy Indra Patama- Teknik Informatika (PKM Karsa Cipta), Arif Hidayat- Teknik Informatika (PKM Karsa Cipta),  Ernawati Budi Astuti- Manajemen (PKM Pengabdian Masyarakat), Indah Hartati- Teknik Kimia (PKM Penelitian Eksakta),  Elya Zulfa- Farmasi (PKM Penelitian Eksakta), Dewi Hastuti- Agribisnis (PKM Penelitian Soshum), Ali Martin- Hubungan Internasional (PKM Gagasan Futuristik Konstruktif).

Wakil Rektor III Universitas Wahid Hasyim Andi Purwono didampingi Kabag Kemahasiswaan Ali Imron dan Kabid Kreativitas Kamilin menyampaikan apresiasi atas capaian ini. Tahun ini total dana yang diraih PKM sebanyak Rp 38.500.000. 

"Ada 275 judul yang sudah diunggah mahasiswa pada akhir 2019 lalu. Ini menunjukkan gairah penalaran dan kreativitas mahasiswa hidup dan bergelora. Setiap tahun telah diadakan kegiatan sosialisasi hingga workshop sehingga mahasiswa bisa menempa penalaran dan kreativitas sesuai bidang keilmuannya," katanya.

"Setiap tahun Unwahas juga mampu mengirim tim terbaiknya ke ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Bahkan dua dosen Unwahas yakni Andi Purwono dari Hubungan Internasional dan Ibrahim Arifin dari Farmasi adalah Tim Penilai Nasional PKM Kemendikbud," jelasnya.

Rektor Unwahas Mahmutarom juga menyampaikan selamat dan syukur.  "Kita bersyukur Unwahas memang terus menanjak. Ini tercermin dari peringkat Unwahas di Sistem Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) yang terus membaik sejak 2017 di angka dua ratusan nasional kini di angka 137 dan prediksi laporan 2020 ini naik ke 100 besar. Berbagai perbaikan sistem serta prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional menjadi penunjang hal itu," jelasnya.

Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang Noor Achmad juga menyatakan apresiasi larena mahasiswa Unwahas sangat layak bersaing dan bertanding serta bersanding dengan mahasiswa dari perguruan tinggi manapun.

"Bahkan di beberapa aspek mahasiswa Unwahas mampu menunjukkan prestasi yang lebih. Hal ini tentu menggembirakan dan menjadi kado Dies Natalis Unwahas XX pada 8 Agustus 2020 ini," katanya.(*)

TerPopuler