Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Kamis, 01 Oktober 2020, 2:32:00 PM WIB
Last Updated 2020-10-01T07:32:57Z
BERITA POLISINEWS

Kapolres Salatiga Lantik 107 Peserta Pendidikan Diklat Dasar Satpam Gada Pratama

Advertisement


Salatiga,MATALENSANEWS.com -  Kapolres Salatiga Polda Jateng AKBP Rahmad Hidayat, S.S. melantik sejumlah 107 Peserta Pendidikan Dan Latihan ( Diklat ) Satpam Gada pratama saat menjadi Inspektur Upacara Penutupan Diklat Gada Pratama di Lapangan Klumpit Tingkir Kota Salatiga pada hari Kamis tanggal 01/10/2020.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S. , Waka Polres Salatiga Kompol I Ketut Tutut, S.H, Para Kabag Jajaran Polres Salatiga, PJU Polres Salatiga, Kapolsek Jajaran Polres Salatiga, Kepala BUJP PT. Trijaka Bintang Jaya Suripto, S.H dan Perwakilan dari Perusahaan  serta peserta Diklat Gada Pratama Th. 2020 sebanyak 107 orang.


Dalam amanat Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S. dan Jajaran Polres Salatiga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil menempuh dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan Satpam Gada Pratama dengan baik dan lancar, saya yakin dengan pembekalan yang diperoleh dalam pendidikan dan latihan satpam Gada Pratama ini dapat memberikan wawasan keterampilan dan berpikir yang jernih  dalam melaksanakan tugas, sebagai komponen pengamanan Swakarsa di kemudian hari, perlu dipahami bersama bahwa melalui pendidikan dan latihan satpam ini diharapkan dapat terbentuk sumber daya manusia yang memiliki keunggulan di bidang security guna menjawab tuntutan zaman di era globalisasi yang terus meningkat pada saat ini.


Peran Satpam bukan lagi sebagai penjaga malam atau merangkap sebagai personil parkir semata, akan tetapi personil Satpam harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar sebagai pelaksana industrial security yang menguasai sistem manajemen pengamanan sesuai standar manajeman keamanan serta audit sistem pengamanan, satuan pengamanan sangat penting dalam mendukung tugas Polri untuk menciptakan rasa aman dan tentram kepada masyarakat dan nantinya saudara-saudara dalam melaksanakan tugas akan ditempatkan ke tempat-tempat sesuai dengan hasil kompetensi atau sesuai dengan kebutuhan dari para User Oleh karena itu keberadaan daripada rekan-rekan sekalian sangat penting di manapun nanti rekan-rekan akan bertugas untuk membantu kepolisian dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat atau memberikan pelayanan-pelayanan penting lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.


Dalam kesempatan ini saya berharap kepada para rekan-rekan satuan pengamanan yang telah selesai menjalani pendidikan dan pelatihan agar betul-betul memegang teguh prinsip dan tujuan daripada pelatihan ini dan harus terus mengasah kemampuan melalui latihan-latihan rutin baik secara individu Mandiri maupun yang dikoordinir oleh kepolisian yang tidak kalah penting adalah dalam hal pengaplikasian tugas yang dijadikan sebagai prinsip dan sebagai inspirasi kita dalam melaksanakan tugas sebagaimana tadi dibacakan adalah penuntun tugas satpam yaitu menghormati menjunjung tinggi adat budaya dan menghindari tindakan pelanggaran hukum atau tindakan tidak terpuji lainnya.


"Semua yang telah didapat oleh peserta selama menjalani pelatihan, dapat diaplikasikan dalam tugasnya melalui profesi satpam, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan keutuhan bangsa dan negara, rekan-rekan satuan pangamanan bisa menjadi rol model dilingkungan kerja masing-masing sebagai orang-orang yang taat terhadap aturan hukum atau pun ketentuan-ketentuan lainnya sehingga dapat memberikan contoh yang baik pada masyarakat ataupun lingkungan sekitar", tutup AKBP Rahmad Hidayat, S.S.


Dalam kegiatan Upacara tersebut dibacakan Prinsip-prinsip Satpam dan Pelepasan Tanda Peserta serta Penyerahan  Ijazah secara simbolik dilanjutkan dengan Tradisi Penyiraman Air Bunga oleh Inspektur Upacara kepada Perwakilan Peserta Diklat,  dan ditutup dengan peragaan oleh peserta diklat Satpam Gada Pratama.


Selesai kegiatan Kapolres Salatiga menekankan bahwa Satpam merupakan Tugas yang mulia yang dapat berperan serta membantu tugas kepolisian dalam rangka menciptakan harkamtibmas yang aman dan kondusif dilingkungannya masing-masing, berharap sinergitas ini terus berlanjut, berikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, jelas AKBP Rahmad Hidayat, S.S.(Red)


Sumber : Humas Polres Salatiga