Budidaya Pohon Alpukat Dan Jual Bibit Alpokat berbagai Jenis -->

Budidaya Pohon Alpukat Dan Jual Bibit Alpokat berbagai Jenis

Thursday, December 24, 2020, 6:04:00 PM


Ungaran,MATALENSANEWS.com- Alpukat adalah salah satu buah-buahan tropis dan Alpukat tidak hanya mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, tapi juga memiliki rasa yang lezat, Kamis (24/12/20).


Menurut Amir warga Dusun Ngroto Desa Sumogawe Kec.Getasan Kab.Semarang Jateng selaku budidaya dan penjual bibit Alpukat mengatakan, bahwa ada banyak cara mengonsumsi alpukad selain di blender. Beberapa orang ada yang menambahkan buah dengan tekstur mentega ini di dalam sushi atau bahkan salad.


"Akan tetapi alpukad sangat mudah membusuk jika tidak segera dikonsumsi setelah dibeli."


Padahal, Anda bisa lho menanam buah ini sendiri. Caranya mudah, cukup merendam biji alpokad hingga keluar kecambah, kemudian pindahkan ke media tanah, dan sebuah pohon alpukad mungil akan tumbuh, Tambah Amir.


Ditempat Kami ada beberapa jenis Alpukat yang siap tanam maupun petik,terutama bagi para penggemar Alpukat yang berada di dalam Pot.Usianya pun cuma 2tahun siap panen.



Masih menurut Amir selaku budidaya bibit Alpukat dan penjual, sekarang ini para pembeli kebanyakan mencari bibit Alpukat Aligator.Mendengar buah alpukat yang satu ini memang terasa asing terdengar.


Namun, bagi pecinta tanaman buah alpukat, jenis alpukat aligator merupakan buah alpukat yang wajib dicoba dan rekomended untuk di budidayakan. Sama seperti jenis alpukat yang dikenal dengan ukuran buah besar sebut saja alpukat markus, alpokat kendil, alpukat pluwang. Buah alpukat aligator ini terkenal dengan ukuran buahnya yang super jumbo.


Bobot buah alpukat aligator bisa mencapai 1,13 Kg/buah, sehingga membuat buah alpukat ini kerap dijuluki sebagai “Giant Avocado”. Selain itu, buah alpukat aligator dikenal dengan bentuk buahnya yang unik, bayangkan saja, bentuk buahnya bulat memanjang dan membesar di bagian bawah sedangkan bagian pangkal berukuran lebih kecil seperti bentuk hewan aligator.


Alpukat aligator merupakan jenis alpukat yang berasal dari Negara Mexico, dan di import oleh salah satu petani buah jawa timur selanjutnya dikembangkan dengan cara okulasi. Buah ini menjadi salah satu varian alpukat unggul di Amerika. Karena keistimawaannya ini Alpukat Aligator menjadi salah satu Incaran para kolektor petani bibit seluruh Indonesia. 


Sebagai jenis alpukat yang istimewa, sudah pasti buah alpukat aligator ini memiliki banyak sekali keistimewaan, Buah alpukat aligator memiliki daging buah yang sangat tebal, dagingnya berwarna kuning mentega dengan tekstur yang lembut. Dilihat dari segi rasa? buah alpukat aligator ini juga memiliki citarasa yang istimewa, rasa gurih, nikmat khas alpukat mentega. Selain keunggulan yang telah disebutkan, alpukat aligator juga memiliki keunggulan lain yang membuat kita terperanga, terang Amir.



Berikut Ini adalah keistimewaan tanaman buah alpukat aligator yang perlu anda ketahui :

1. Ukuran Buah Jumbo

Buah alpukat aligator terkenal dengan ukuran buahnya yang jumbo, bayangkan saja, berat satu buah alpukat ini bisa mencapai berat kira-kira 1.2 – 1.8 kg/buah. Jika dibandingkan dengan jenis alpukat pada umumnya jenis alpukat aligator ini memiliki ukuran buah yang jauh lebih besar.


2. Daging Buah Tebal

Selain ukuran buahnya yang jumbo, buah alpukat aligator juga memiliki daging buah yang sangat tebal, berwarna kuning seperti mentega. Buah alpukat aligator mempunyai biji yang berukuran sedang.


3. Citarasa Gurih

Alpukat aligator memiliki keunikan dalam hal bentuk dan rasanya. Daging buahnya bisa dikonsumsi sebanyak 65% hingga 70% dari buah secara keseluruhan. Selain itu tidak ada rasa pahit dengan tekstur daging halus tanpa serat sehingga banyak orang menyebut alpukat ini memiliki citarasa yang gurih dan banyak digemari.


4. Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman alpukat aligator dikenal memiliki kemampuan beradaptasi dengan sangat baik dengan iklim Indonesia. Bibit alpukat aligator dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun ketinggian ideal untuk menghasilkan hasil yang maksimal adalah dengan ketinggian 200 hingga 1000 meter diatas permukaan air laut.


5. Bersifat Genjah

Keunggulan lain yang dimiliki alpukat aligator adalah sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Panen buah alpukat aligator dapat dimulai saat tanaman sudah berumur 3 – 5 tahun sejak penanaman dengan bibit hasil okulasi atau tempel. Sedangkan untuk jenis pohon alpukat lain, biasanya mulai berbuah setelah berusia 6-7 tahun.


6. Perawatan yang Mudah

Alpukat aligator menjadi pilihan yang tepat yang hendak belajar bertanam alpukat bahkan untuk pemula sekalipun. Pasalnya bibit alpukat aligator tergolong mudah tumbuh dan sangat mudah perawatannya. Cukup lakukan penyiraman dua kali sehari. pemupukan secara teratur dengan pupuk NPK sebanyak 100 gram

dilarutkan dalam 20 liter air. Larutan pupuk ini disiram ke sekitar tajuk pohon. Pemangkasan bisa dilakukan agar pohon alpukat tidak terlalu tinggi tetapi tetap produktif berbuah.


7. Tahan Terhadap Serangan Ulat

Keunggulan lain dari alpukat aligator adalah tahan terhadap serangat ulat. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi anda yang hendak bertanam alpukat namun takut dengan ulat.


8.Tingkat Produktifitas Tinggi

Selain memiliki sifat genjah atau mudah berbuah, alpukat aligator juga dikenal memiliki tingkat produktifitas yang tergolong tinggi. Dalam satu tahun, tanaman alpukat aligator bisa dua kali panen. Untuk satu kali panen, satu pohon bis hasilkan 70 kg–100 kg buah alpukat aligator. Dengan keunggulan tersebut, banyak dari petani yang membudidayakan alpukat aligator sebagai peluang usaha yang menjanjikan.


Demikianlah informasi tentang keunggulan tanaman buah alpukat yang perlu diketahui. Sebagai salah satu jenis alpukat kualitas unggul wajar saja jika alpukat kendil ini mempunyai banyak keunggulan mulai dari ukuran buah besar, daging tebal, dan citarasa nikmat. 


Dengan segala keistimewaan yang disematkan pada tanaman alpukat aligator ini, maka alpukat aligator ini sangat rekomended untuk dibudidayakan di Indonesia baik untuk skala bisnis maupun sebatas hobii, ungkap Amir disela- sela kesibukannya melayani pembeli bibit Alpokat.


Nah...!!! penasaran dan ingin mencoba menanam pohon Alpokat, silahkan datang langsung ke tempat bapak Amir, Dusun Ngroto Desa Sumogawe Kec.Getasan Kab.Semarang Jateng.Lokasi arah tempat wisata Kopeng dan dekat dengan STT Maranata.(GT)


TerPopuler