Terluka Saat Mandi Disungai, Satgas Pamtas Yonif 407/PK Berikan Pertolongan -->

Terluka Saat Mandi Disungai, Satgas Pamtas Yonif 407/PK Berikan Pertolongan

Monday, February 22, 2021, 9:15:00 PM


Kalbar,MATALENSANEWS.com-Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-MLY Pos Muakan memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan saat mandi disungai yang dialami oleh Hendri (11) yang merupakan warga Desa Muakan Petinggi, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalbar. Senin (22/02/2021).


Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan menuturkan,  pada hari Senin 22 Februari 2020, telah terjadi kecelakaan yang dialami oleh Hendri (11) warga Desa Muakan, saat mandi di sungai.


Saat itu personel Pos Muakan mendapat laporan dari Bapak Encalok (41) selaku orang tua dari Hendri, mendengar laporan tersebut dua personel Tamtama Kesehatan dari Pos Muakan langsung menuju kerumah Bapak Encalok agar segera bisa memberikan pertolongan pertama.


Dengan sigap, Tamtama Kesehatan (Takes) Pos Muakan Pratu Falldo dan Prada Yosef segera mengobati luka yang dialami korban. "Saat tiba dirumah Bapak Encalok, Dua anggota Pos Muakan langsung melakukan pertolongan pertama dengan membersihkan kemudian menjahit luka sebanyak 10 jahitan pada kaki anaknya,” ucap Dansatgas.


Menurut Dansatgas, dalam keterangan Hendri menyampaikan bahwa dirinya saat sedang mandi disungai kakinya terkena bambu, sehingga menyebabkan luka yang cukup serius dan terpaksa luka di kakinya harus dijahit.


Dansatgas menjelaskan, sebagai Satgas Pamtas, anggotanya yang tersebar di pos-pos perbatasan, jika ada masyarakat yang mengalami kesulitan  sudah menjadi kewajiban untuk segera dapat membantunya, apalagi menyangkut keselamatan orang lain.


“Kami (Satgas) bertugas menjaga wilayah perbatasan. Tetapi kami juga tetap mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Apapun kesulitan yang dihadapi warga merupakan prioritas Satgas karena itulah bentuk perwujudan kemanunggalan TNI-Rakyat,” tuturnya.


Sementara itu, Bapak Encalok orang tua dari Hendri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif 407/PK. “Terimakasih banyak Bapak-bapak TNI dari Pos Muakan yang telah mengobati luka anak saya, mudah-mudahan kebaikan bapak semuanya dibalas oleh Tuhan,” tambahnya. (Syehful)

TerPopuler