BAPELTAN Gelar Pelatihan Agribisnis Jagung Angkatan I -->

BAPELTAN Gelar Pelatihan Agribisnis Jagung Angkatan I

Tuesday, March 23, 2021, 1:36:00 PM


Blora,MATALENSANEWS.com-Dinas Pertanian dan Perkebunan Balai Pelatihan Pertanian (BAPELTAN) Jl Magelang - Semarang KM 128 Temanggung Jawa Tengah, selama 4 hari mulai hari senin-kamis, 22-25 Maret 2021 menggelar Pelatihan Agribisnis jagung angkatan I.


Kegiatan yang diikuti 30 penyuluh pertanian swadaya dari perwakilan 6 Kabupaten, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga penyuluh pertanian swadaya khususnya dalam urusan dasar-dasar komunikasi kepada publik (public speaking) dan budidaya komoditas unggulan seperti jagung. Pemilihan kedua komoditas itu selain karena memiliki nilai ekonomi yang relatif tinggi, juga didasari tren semakin meningkatnya kebutuhan terhadap komoditas tersebut.


Penyuluh sewadaya dan poktan perwakilan Kabupaten Blora Serka Widodo purn mantan Babinsa Koramil Banjarejo Kabupaten Blora mengungkapkan, melalui kegiatan ini para penyuluh swadaya sebagai ujung tombak kelompok tani (poktan) dibekali kompetensi dan kemampuan dasar-dasar komunikasi, kemampuan manajerial, kewirausahaan dan oganisasi yang baik. 



Widodo berharap besar agar para penyuluh swadaya dapat berperan sebagai agen perubahan sekaligus agen informasi di kelompok taninya masing-masing. “Kami berharap ditengah keterbatasan jumlah penyuluh pertanian ASN, para penyuluh swadaya ini dapat menjadi kepanjangan tangan Diinas dalam menyampaikan sejumlah informasi pertanian kepada para petani di kelompoknya,”katanya.


Widodo juga menuturkan pemilihan sumber peserta didasari keterwakilan pelaku utama semua komoditas pertanian seperti petani padi sawah, jagung dan penggiat komoditas hortikultura seperti tanaman hias dan tanaman obat. 


Lebih lanjut, Widodo meminta penyuluh swadaya  setelah meningkat wawasan dan ketrampilannya, disamping menjalankan usaha tani juga menjadi garda terdepan dalam transfer of knowledge kemajuan dunia pertanian. “Selain bertani mandiri, saya harapkan penyuluh swadaya dapat gethok tular wawasan, ilmu dan ketrampilan yang sudah diperolehnya kepada rekan di kelompok tani sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Blora”jelasnya.



Kabiro Blora (Agus Cipto SH)

TerPopuler