Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Minggu, 25 April 2021, 8:20:00 PM WIB
Last Updated 2021-04-25T13:20:43Z
NEWSPERISTIWA

Kasal: Isyarat KRI Nanggala-402 Fase Submiss Menuju Subsunk

Advertisement


Jakarta,MATALENSANEWS.com-25 April 2021,-- Berdasarkan bukti-bukti autentik yang telah didapatkan sejak tiga hari yang lalu dan pendapat ahli mantan pengawak KRI Nanggala serta komunitas kapal selam bahwa benda atau komponen yang ditemukan diyakini milik KRI Nanggala 402. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M,  memutuskan mengisyaratkan kondisi KRI Nanggala-402 meningkatkan dari fase submiss menuju fase subsunk, hal ini disampaikan saat konferensi pers tentang perkembangan pelaksanaan SAR KRI Nanggala kemarin yang dipimpin  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (24/4/2021).


Bukti autentik yang menguatkan meningkatkan fase tersebut yakni adanya benda warna hitam yang merupakan potongan pelurus torpedo, pembungkus pipa pendingin yang terdapat sebuah tulisan Korea, hal ini karena KRI Nanggala pernah melaksanakan overhaul di Korea Selatan pada tahun 2012. Selain itu sebotol cairan warna orange yang merupakan pelumas periskop untuk naik turun yang biasanya dipegang petugas di tempat tersebut. Benda-benda lain yang  memperkuat yakni diitemukan alas yang  biasa dipakai untuk sholat ABK dan spon penahan panas untuk restroom serta cairan minyak solar yang  terlihat dari patroli udara menyebar meluas pada radius 10 mil.


Menurut Kasal pada saat  fase submiss terhadap KRI Nanggala yang kehilangkan kontak,  telah melaksanakan pengerahan kekuatan unsur-unsur TNI AL dan unsur-unsur Instansi lainnya. Unsur TNI AL sebanyak 16 KRI dan 5 Pesud dan saat ini  masih melaksanakan pendeteksian, khususnya unsur yang memiliki kemagnetan yang tinggi. KRI Rigel-933 saat ini tetap melaksanakan pendeteksian lanjutkan untuk menyakinkan kontak-kontak yang bawah air di sekitar datum atau posisi terakhir kapal selam terlihat.


Sementara itu, unsur instansi lain yang membantu yakni, 4 kapal Baharkam Polri,  2 kapal Basarnas dan 1 kapal Bakamla serta  bantuan negara sahabat yakni HMS Ballarat (Australia) serta dua kapal rescue MV. Mega Bhakti (Malaysia) dan MV Swift  Rescue (Singapura), serta Pesawat P-8 Poseidon (Amerika Serikat). 


Ditambahkan Kasal, fase subsunk nanti akan disiapkan evasuasi medis pada ABK yang kemungkinan masih ada yang selamat dan rencana evakuasi ke Surabaya atau Banyuwangi. Sementara itu, tim SAR gabungan tetap harus berjuang dengan keras sesuai dengan sektor-sektor pembagian tugas yang sudah ada.


Unsur  TNI AL tetap melaksanakan pendeteksian bersama  unsus-unsur lain termasuk Polri, Basarnas, Bakamla  dan unsur luar negeri yang akan  berdatangan akan masih berjuang  keras karena terdeteksi benda berada pada kedalaman 850 meter sehingga memiliki kesulitan yang tinggi.


Berkaitan peningkatan fase submiss ke subsunk,  Kasal selaku pemimpin TNI AL dan seluruh prajurit TNI AL turut prihatin atas kejadian yang tidak kita harapkan semua ini, khususnya kepada warga Hiu Kencana (warga kapal selam).


Dinas Penerangan Angkatan Laut/Redaksi