Dibekingi Dirjen Otda Kemendagri, Ningsih lakukan sejumlah Mutasi -->

Dibekingi Dirjen Otda Kemendagri, Ningsih lakukan sejumlah Mutasi

Wednesday, June 9, 2021, 12:25:00 AM


Sanana,MATALENSANEWS.com- Baru menjabat sehari, Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) Fifian Adeningsih Mus (FAM) melakukan mutasi besar-besaran pada Kabinet Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sejumlah pejabat Eselon II dan III dimutasi sebagai Staff, (8/6). 


Mutasi yang dilakukan Bupati FAM diklaim, merupakan hasil konsultasi dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen-Otda), Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).


Mengutip steatment FAM sebelumnya, bahwa dirinya sudah berkonsultasi dengan Dirjen Otda Kemendagri, dengan cara menyurat, namun FAM belum menyatakan surat balasan dari Dirjen Otda.


Sejumlah kalangan menilai langkah terburu-buru Bupati FAM bersebrangan dengan Permendagri No. 73 Tahun 2016, tentang Pendelegasian Wewenang Penandatanganan Persetujuan Tertulis untuk Melakukan Penggantian Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah .

Dimana pada pasal 2 ayat (2) Permendagri ini mengatakan. 

”Gubernur, Bupati, atau Walikota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis dari menteri”, demikian bunyi Permendagri tersebut. 


”Betul memang itu hak prerogatif beliau (Bupati-red), hanya saja harus memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, pungkas Eros Tokoh Pemuda Sula ketika dimintai pendapatnya. 


Eros juga mengatakan pergantian pejabat teras Pemda Kepsul seharusnya berdasarkan kebutuhan, Kompetensi serta berbasis untuk kemajuan Negeri, sehingga tidak terkesan 'Like or Dislike' (Suka dan Tidak Suka-red). 


Sementara itu sejumlah Pejabat yang dimutasi pada Senin dan Selasa (7-8/6) adalah, Kaban BKPSDM (Hi. Imran Umalekhoa) digantikan Faradila Waridin, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setda Kepsul (Djulkifli Umasangadji), Kepala Bagian Hukum Setda Kepsul, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kepsul (Basiludin Labessy), Kepala BPBD (Hendra Umabaihi) digantikan oleh Hi. Buhari Buamona, serta yang paling fenomenal dimutasinya Sekda Kepsul, Syafrudin Sapsuha menjadi Staff di Bagian Umum dan Perlengkapan.


( Tim/Redaksi)

TerPopuler