Pangdam IV/Diponegoro Berkomitmen Penuh Dukung Program “Rawa Pening Bersinar, Jateng Gayeng” -->

Pangdam IV/Diponegoro Berkomitmen Penuh Dukung Program “Rawa Pening Bersinar, Jateng Gayeng”

Friday, July 2, 2021, 5:07:00 PM


Ambarawa,MATALENSANEWS.com– Dukung Program Rawa Pening Bersinar, Jateng Gayeng, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto hadiri acara sosialisasi revitalisasi Danau Rawa Pening, bertempat di Aula Batalyon Zipur-4/TK, Banyubiru, Ambarawa, Jum’at (2/7/2021). 


Diketahui bahwa Danau Rawa Pening merupakan salah satu dari 15 Danau Indonesia yang memperoleh prioritas penanganan dari pemerintah pusat, sebab Danau tersebut merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), irigasi, perikanan maupun pariwisata namun dengan semakin banyaknya tanaman eceng gondok serta pendangkalan menurunkan kualitas dan fungsinya.



Berhubungan dengan hal tersebut, Kodam IV/Diponegoro bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana bertekad untuk melakukan revitalisasi Danau Rawa Pening guna mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air enceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai sehingga nantinya akan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat sekitar.



Pangdam IV/Diponegoro mengungkapkan bahwa revitalisasi Danau Rawa Pening diharapkan nantinya dapat menjadi ikon Jawa Tengah yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara hal tersebut dapat terwujud jika kita kompak, bersama sama bekerja baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat.



“ Mari kita pikirkan bersama nanti seperti apa keterlibatan masyarakat dan pemerintah agar semua bergandengan menjadi satu karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan bersama dan dengan semangat, saya yakin bisa, bersama kita bisa “, ucap Pangdam.



Hal ini merupakan bentuk komitmen Kodam IV/Diponegoro dalam rangka ikut berperan serta meningkatkan pengelolaan sumber daya air dan pendayagunaan sumber daya alam termasuk pengendalian terhadap daya rusak air khususnya yang terjadi di wilayah Jawa Tengah. 



Hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 073/Makuratama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo S.Sos., M.M., Aslog, Aster Kasdam IV/Diponegoro, Forkopimda Kabupaten Semarang dan Salatiga, Dandim 0174/Salatiga, Danyon Zipur 4/TK Letkol Czi Yuli Hartanto, Camat Tuntang, Banyubiru, Bawen dan Ambarawa dan perwakilan masyarakat sekitar Rawa Pening.



(Pendam IV/Diponegoro/Tri)

TerPopuler