Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Rabu, 28 Juli 2021, 11:21:00 AM WIB
Last Updated 2021-07-28T04:21:41Z
NEWSPERISTIWA

Perkembangan Pascagempa M6,5 di Provinsi Sulawesi Tengah

Advertisement


SULTENG,MATALENSANEWS.com-Sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah merasakan guncangan kuat gempa M6,5. Pusat gempa tersebut berada 59 km timur laut Tojo Una Una dan berkedalaman 10 km. BPBD setempat masih berada di lapangan untuk memantau situasi dan mengimbau warga tetap tenang.


Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Abdul Muhari, Ph.D, menjelaskan, perkembangan pascagempa pada Senin malam (26/7), pukul 21.30 WIB. Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan BPBD Kabupaten Tojo Una Una masih berada di lokasi untuk mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak panik, seperti dilakukan di tengah warga Kecamatan Una Una.


Di samping itu, kata Abdul Muhari, BPBD meminta warga untuk menginformasikan apabila terjadi kerusakan rumah atau warga terdampak di wilayahnya.


“Upaya evakuasi mandiri tampak dilakukan warga Kecamatan Togean. Mereka yang tinggal di tepi pantai mengungsi ke tempat yanglebih tinggi. Hingga kini tidak ada laporan kerusakan di kecamatan tersebut” sebut Abdul Muhari.


Dijelaskan, laporan lain juga disampaikan BPBD setempat mengenai situasi di beberapa kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), seperti Kabupaten Morowali Utara, Pohuwato, Banggai dan Poso. BPBD Kabupaten Morowali Utara memantau kondisi lapangan setelah warganya merasakan guncangan kuat. Sedangkan di Kabupaten Banggai, kondis telah normal kembali dan tidak ada laporan kerusakan.


“Di wilayah Kabupaten Poso, warga juga merasakan guncangan kuat. Dampak guncangan memicu pasien Covid-19 yang berada di lantai 3 RSUD Poso berhamburan turun keluar bangunan. BPBD setempat pun segera mendirikan tenda untuk para pasien Covid-19” kata Abdul Muhari.


Sementara itu, sambung Abdul Muhari, BPBD Bolaang Mongondow Utara di Provinsi Sulawesi Utara melaporkan warga beberapa kecamatan di wilayahnya merasakan guncangan kuat, seperti Kecamatan Bintauna, Kaidipang, Pinogaluman, Bol Itang Baat dan Bol Itang Timur.  (Red).