Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Rabu, 14 Juli 2021, 1:45:00 AM WIB
Last Updated 2021-07-13T18:45:31Z
BERITA UMUMNEWS

Pimpin Prasetya Perwira Tahun 2021, Presiden Jokowi Lantik 700 Perwira Remaja TNI dan Polri

Advertisement


MATALENSANEWS.com-
Presiden Joko Widodo pada Selasa, 13 Juli 2021, bertindak selaku inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2021 yang bertempat di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Presiden dalam kesempatan tersebut melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 700 orang dari matra TNI dan Kepolisian.


Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Reyhan Wirawan (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Besty Chrisabel Tambunan (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Veronika Vinelia Saragi Sidabutar (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Katolik, dan I Gede Agung Sukamara (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.


"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.


Para perwira yang dilantik oleh Presiden itu terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 227 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 101 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 91 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 281 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 65/TNI Tahun 2021 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 66/Polri Tahun 2021.


Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Septian Haryono Pasaribu dari Akmil, Always Giving Hamonangan dari AAL, Laode Abdul Muis dari AAU, dan Hary Indradjati dari Akpol.


Upacara Praspa berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian.



Hadir dalam acara tersebut sejumlah undangan terbatas di antaranya Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Selain itu, hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Danjen Akademi TNI Marsdya Andyawan Martono, dan Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel.(Redaksi)


Sumber : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden