Program Kerja 100 Hari Bupati dan Wakil bupati Halsel Berikan Bantuan Alat Pertanian Keempat Desa -->

Program Kerja 100 Hari Bupati dan Wakil bupati Halsel Berikan Bantuan Alat Pertanian Keempat Desa

Thursday, August 26, 2021, 9:34:00 PM


LABUHA,MATALENSANEWS.com- Sekertaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Hi. Maslan Hi. Hasan mewakili Bupati Halmahera Selatan membagikan bantuan Peralatan Pengolahan Sagu kepada Kelompok Tani di Desa Indomut Kecamatan Bacan Kabupaten Halmahera selatan. Pada hari Rabu 25 Agustus 2021. 


Berikut sambutan Bupati yang disampaikan oleh Sekda Halmahera Selatan. 


Berdasarkan visi dan misi bupati dan wakil bupati halmahera selatan, yang tertuang dalam misi sapta cita pada poin ke 5 yaitu merevitalisasi sistem kemandirian ekonomi daerah berbasis budaya yang bertumpuh pada pengembangan potensi lokal unggulan yang bernilai tambah, berdaya saing dan ramah lingkungan." ungkapnya. Lanjut,


Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku Utara lebih khusus masyarakat Halmahera Selatan,


Berdasarkan data tanaman sagu di Kabupaten Halmahera Selatan yang tersebar dengan luas areal 142 Ha, dengan produksi sebesar 150 (TON)/Tahun.  


Oleh karena itu untuk menjaga dan meningkatkan produksi dan melestarikan sagu sebagai makanan pokok masyarakat.


"Maka kami berkomitmen, menganggarkan lewat dinas pertanian, perkebunan dan ketahanan pangan, dalam program kerja 100 hari bupati dan wakil bupati halmahera selatan, untuk memberikan alat dan mesin pengolahan sagu dan peralatan pendukung lainnya, membantu petani pengolah sagu agar lebih mudah dalam proses pengolahan sagu." jelas Setda. lanjut lagi,


Yang selama ini pengolahan dilakukan secara tradisional. Sehingga produksi yang dihasilkan juga sangat kecil, diharapkan dengan adanya bantuan ini pengolah sagu dapat meningkatkan produksi sagu khususnya di sentra-sentra penghasil sagu.


Bantuan ini diberikan kepada empat kelompok tani di desa Amasing Kota, indomut, Belang Belang Kecamatan Bacan dan desa Arumamang Kecamatan Kasiruta barat. 


Dari masing-masing kelompok akan memperoleh bantuan berupa, mesin parut, sensor kecil, mesin alkom, terpal, linggis, kapak/tamako, dan sepatu boat.


Semoga dengan bantuan ini, dapat meningkatkan perkonomian dan menciptakan tenaga kerja didesa dan dapat madiri dari segi ekonomi keluarga." harapnya


Selanjutnya, saya berpesan kepada para pihak terutama kepada masyarkat petani sagu agar dapat menjaga dan memanfaatkan alat dan mesin pengolahan sagu ini. 


"Untuk kepentingan kelompok tani/masyarakat demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan mari bersama-sama mendukung program visi dan misi pemerintah daerah untuk menuju senyum halmahera selatan yang lebih baik." tutup Bupati Halmahera Selatan Hi. Usman Sidik. pada pantauan media ini, melalui tulisan akun Usman-Bassam, hari Rabu 25/8/2021, kemarin.


( Jek/Redaksi)

TerPopuler