[Klarifikasi] Hoaks, Beredar Surat Panggilan KPK Palsu -->

[Klarifikasi] Hoaks, Beredar Surat Panggilan KPK Palsu

Friday, September 3, 2021, 8:44:00 PM


Jakarta,MATALENSANEWS.com– KPK menerima informasi beredarnya surat panggilan palsu di wilayah Provinsi Lampung yang mengatasnamakan KPK. Surat tersebut ditujukan untuk beberapa pihak di Kabupaten Pesisir Barat. pada hari Jum'at 3 September 2021.


KPK secara tegas menyampaikan bahwa tidak pernah menerbitkan surat panggilan sebagaimana yang beredar tersebut. Surat palsu ini telah menyalahgunakan logo, email, dan alamat KPK sebagai atribut surat. Nama-nama yang tercantum sebagai Penyidik KPK juga bukan merupakan pegawai KPK.


Dalam surat palsu ini disebutkan bahwa pihak-pihak yang dipanggil, diminta datang ke suatu lokasi untuk dilakukan pemeriksaan dalam rangka penyelidikan dan penyidikan suatu tindak pidana.


KPK memastikan bahwa dalam melaksanakan pemeriksaan baik penyelidikan maupun penyidikan yang sifatnya terbuka melalui surat panggilan, proses pemeriksaannya dilakukan di kantor KPK atau di instansi-instansi pemerintah lainnya. Setiap pegawai yang bertugas juga dibekali dengan surat tugas dan kartu identitas pegawai.


KPK meminta semua pihak tidak lagi memalsukan atau melakukan tindakan dengan mengatasnamakan KPK untuk menipu, memeras, dan tindakan lain yang dapat merugikan masyarakat. KPK juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang marak terjadi di berbagai daerah ini.


Apabila masyarakat menemui atau mengetahui adanya pihak yang mengaku pegawai KPK dan melakukan tindakan pemerasan dan sejenisnya, segera laporkan ke call center 198 atau kepada aparat penegak hukum setempat." (REDAKSI)


Sumber : Biro Hubungan Masyarakat,Komisi                                Pemberantasan Korupsi

TerPopuler