Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 11 September 2021, 5:42:00 PM WIB
Last Updated 2021-09-11T10:42:20Z
BERITA TNINEWS

Pangdam IV/Diponegoro Paparkan 9 Kemampuan Pemimpin Di Era Digital 5.0 Kepada Mahasiswa Baru UIN Jakarta

Advertisement


Yogyakarta,MATALENSANEWS.com – Bertindak sebagai Narasumber dalam kegiatan pembinaan kegiatan mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto melaksanakan zoom meeting Tafakur 2021 yang  bertempat di Korem 072/Pamungkas, Jl. Reksobayan No.4, Ngupasan, Kec. Gondomanan. Sabtu (11/09/2021).


Kegiatan Tafakur pada tahun 2021 ini mengangkat tema “Kepemimpinan Transformatif di Era Digital 5.0. dalam Menuju Visi Indonesia Tahun 2045” dengan tujuan  menyiapkan generasi muda menuju visi Indonesia Tahun 2045. Selain Pangdam IV/Diponegoro, kegiatan tersebut juga menghadirkan Cak Nanto yaitu Komisaris Utama PT Istaka Karya (Persero)/Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah. 


Berkaitan dengan visi Indonesia pada tahun 2045, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo menyampaikan harapan pada 100 tahun kemerdekaan RI, agar Indonesia mampu menjadi negara maju dan masuk sebagai kekuatan ekonomi lima besar dunia dengan kualitas manusia yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka untuk mewujudkannya Sumber Daya Manusia (SDM) harus sudah mulai dipersiapkan melalui kader-kader pemimpin untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa.


Melalui paparannya, Pangdam menyampaikan bahwa kepemimpinan transformatif adalah seorang pemimpin yang dapat mengubah situasi, mengubah apa yang biasa dilakukan, berbicara untuk tujuan yang luhur guna mencapai suatu tujuan organisasi yang telah ditentukan dan hal tersebut merupakan aspek yang sangat berpengaruh dalam mencapai Visi Indonesia 2045 melalui 4 pilar pembangunan.


Empat pilar tersebut yaitu (1) Pembangunan SDM dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi; (2) Pembangunan ekonomi berkelanjutan; (3) Pemerataan pembangunan; (4) Ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan. 


“Terdapat sembilan kemampuan yang harus dimiliki seseorang di era digital dalam menuju Indonesia Emas 2045, yaitu mentalitas dan karakter Yang kuat, pribadi yang religius dengan standar moral tinggi, jiwa nasionalisme yang kuat, kemampuan manajemen yang baik, cara berpikir yang logis, kritis, dan analis, visioner dan penuh kreativitas, memiliki teknik komunikasi yang baik, mampu memecahkan berbagai masalah, dan Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)” Jelasnya.


Senada dengan Pangdam IV/Diponegoro, Cak Nanto juga menambahkan bahwa untuk menghadapi tantangan tersebut tidak mudah, sebab dibutuhkan pemimpin yang bersih dan bebas dari korupsi serta berkomitmen dalam menerapkan pembangunan berorientasi inovasi sains dan teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

Melaui kegiatan ini  diharapkan  mampu memberikan pencerahan kepada seluruh mahasiswa baru Tahun 2021 dengan harapan apa yang  sudah direncanakan pada Hari Kemerdekaan RI ke-100 tahun nantinya dapat terwujud. 


(TRI/Redaksi)