Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 07 Oktober 2021, 5:04:00 PM WIB
Last Updated 2021-10-07T10:04:58Z
LENSA KRIMINALNEWS

Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Berhasil Ungkap Kasus Penyelewengan BBM Bersubsidi Jenis Solar

Advertisement


Kota Tegal,MATALENSANEWS.com- Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Korpolairud Baharkam Polri menggelar Press Conference tentang pengungkapan kasus penyelewengan bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar bertempat di Terminal BBM( Kantor Pertamina Lama ) Kelurahan Slerok, Tegal Timur, Kota Tegal, Kamis (7/10/2021).


Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri berhasil mengungkap tindakan penyelewengan bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar namun diperjualbelikan untuk jenis industri perikanan di pelabuhan Jongor, Tegalsari, Kota Tegal.


Direktur Polisi Perairan Korpolairud Baharkam Polri Brigadir Jenderal Polisi M. Yassin Kosasih, SIK, M.Si pada saat kegiatan Press Conferece menyampaikan bahwa pengungkapan kasus ini bermula dari adanya informasi masyarakat mengenai penyalahgunaan BBM jenis solar bersubsidi pemerintah yang dijual dengan harga kisaran Rp. 7.500,- sampai Rp. 7.800,- perliter. Sedangkan harga jual dari PT. Pertamina adalah berkisar antara Rp. 8.000,- sampai Rp. 9.000,- perliter, "terang Brigjend Kosasi.


Dengan berbekal informasi tersebut Tim dari Subdit Gakkum Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri bersama Tim Kapal Patroli KP Anis Macan 4002 melakukan penyelidikan dan ditemukan adanya 3 (tiga) unit truk tangki warna biru putih bertuliskan PT. Sembilan Muara Abadi Petrolium Gas di Pelabuhan Perikanan Jongor Kota Tegal yang sedang melakukan pengisian BBM jenis solar ke kapal KM Mekar Jaya 3. Dan dari pemeriksaan awal bahwa BBM jenis solar tersebut berasal dari gudang yang berada diwilayah Bregas Kidul, Kec. Bergas, Kab. Semarang.


Kemudian lanjut Dirpolair,  berdasarkan pendalaman dan pengembangan yang dilakukan oleh Tim Subdit Gakkum Ditpolair langsung melakukan pemeriksaan digudang bongkar muat BBM jenis solar yang ada diwilayah Bergas Kidul, Semarang dan ditemukan adanya 19 unit kendaraan berupa 14 unit truk modifiksi dan 5 unit truk tangki warna biru putih bertuliskan PT. Sembilan Muara Abadi Petrolium Gas selaku pengoprasionalnya,"tambahnya.


"Dari hasil pengembangan pemeriksaan oleh Tim Subdit Gakkum diperoleh informasi bahwa gudang yang berlokasi diwilayah Bregas, Semarang itu digunakan utuk bongkar muat BBM jenis solar yang salah satunya sudah berhasil kita amankan di Pelabuhan Jongor Tegal. Sedangkan gudang itu sendiri dioperasionalkan dan dikelola oleh Saudara AL selaku Kepala Cabang dan dibantu oleh Saudara HH selaku Staf PT. Sembilan Muara Abadi Petrolium Gas Cabang Semarang, "pungkas Brigjend Pol.M. Yassin Kosasih.(BUDI)