Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala -->

Header Menu


Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala

Wednesday, November 17, 2021


PEKALONGAN,MATALENSANEWS.com,-Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Lakukan Razia Ruang Tahanan Secara Berkala - Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., terus mengingatkan kepada jajarannya untuk memperketat pengamanan ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres Pekalongan maupun yang berada di Polsek jajaran sebagai langkah antisipasi kasus kaburnya tahanan.


“Pihaknya minta jajaran untuk lebih meningkatkan pengamanan terhadap ruang tahanan yang ada, guna meminimalisir tahanan untuk kabur,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., saat melakukan pengecekan ruang tahanan, Rabu (17/11/2021).


Diakuinya bahwa, pihaknya telah melakukan prosedur tetap pengamanan tahanan, yakni setiap hari dilakukan pengecekan terhadap kondisi tahanan, mulai dari segi keamanan, pengamanan, kebersihan dan kondisi tahanan.


“Untuk keamanan setiap hari ada dua hingga empat penjaga yang memantau tahanan, termasuk juga Perwira Pengawas dan personil Propam yang selalu melakukan kontrol pengawasan terhadap penjaga yang bertugas di ruang tahanan,” katanya.


Ia juga mengingatkan kepada petugas untuk selalu waspada, sehingga selalu ada pengamanan berlapis dan begitu juga saat serah terima piket petugas lama dan baru harus benar-benar diperhatikan, sehingga diharapkan tidak ada yang luput dari perhatian dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


“Lakukan kontrol secara rutin, jangan sampai ada barang-barang yang bisa membahayakan jiwa para tahanan atau barang-barang yang bisa dipergunakan oleh tahanan sebagai sarana untuk kabur atau melarikan diri dari ruang tahanan, dan buku mutasi di tulis sesuai dengan situasinya,” perintahnya.


Lebih lanjut, pihaknyapun juga sudah memerintahkan kepada fungsi terkait dalam hal ini Satuan Tahti untuk melakukan razia rutin dengan menggeledah seluruh ruang tahanan termasuk pemeriksaan badan agar jangan sampai barang seperti narkoba, senjata tajam dan jenis barang lainnya masuk kedalam ruang tahanan.


“Sejauh ini terkait kondisi ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres maupun di Polsek jajaran, masih sangat baik karena secara berkala dilakukan kontrol ruang tahanan. Dan jika ada yang kurang baik, maka akan diperbaiki mulai jeruji, plafon dan fasilitas lainnya termasuk CCTV yang terpasang diruang tahanan,” ucap AKBP Arief. (*)