Polres Kendal Siapkan Pasukan Satgas Bencana, Salah Satunya Anjing Jenis Cadaver -->

Header Menu


Polres Kendal Siapkan Pasukan Satgas Bencana, Salah Satunya Anjing Jenis Cadaver

Thursday, November 4, 2021


KENDAL,MATALENSANEWS.com- Dengan meningkatnya intensitas curah hujan, Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar apel siaga bencana yang dipusatkan di lapangan Desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring Kendal dengan tujuan kesiapsiagaan dalam menghadapi munculnya potensi bencana alam, Kamis (4/11/2021).


Apel siaga bencana dipimpin langsung oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dengan dihadiri antara lain Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Waka Polres Kendal Kompol Donny Eko Listiyanto SH SIK MH, Kasdim 0715 Kendal Mayor Inf Sukamto, Sekda Kendal, Ketua DPRD Kendal, PJU Pemda Kendal, PJU Polres Kendal, Kepala BNPB Kendal dan Forkopincam Cepiring.


Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam amanatnya mengatakan, apel siaga bencana dilakukan sebagai bentuk kesiap siagaan pemerintah dalam antisipasi penanggulangan bencana, terutama dalam memasuki musim penghujan," Kita berupaya tahun ini untuk mapping titik-titik banjir, longsor dan genangan air yang signifikan maka dari itu kita harus melibatkan semua elemen baik unsur masyarakat, Pemda, TNI dan Polri untuk bersatu", ungkap Bupati Kendal.



Sementara itu Wakapolres Kendal Kompol Donny Listiyanto SH SIK MH menjelaskan saat apel siaga bencana kepada seluruh pihak termasuk masyarakat agar mewaspadai dan meningkatkan kesadaran mitigasi bencana.


“Warga juga harus mengantisipasi sejak dini terjadinya bencana alam, tentunya melakukan pengecekan diwilayah yang berpotensi bencana alam, seperti banjir dan longsor, termasuk membersihkan saluran air,” jelas Waka Polres Kendal.


Waka Polres Kendal menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan pasukan satgas bencana.


“Kepolisian juga menyiapkan fasilitas ambulan, anjing pelacak jenis cadaver yang punya keahlian khusus SAR, untuk membantu mengevakuasi korban, termasuk armada roda empat dan dua sudah kami siagakan,” pungkas Kompol Donny. (TRI)