Sosialisasi PIP, Fikri Faqih Tegaskan Tidak Ada Potongan -->

Header Menu


Sosialisasi PIP, Fikri Faqih Tegaskan Tidak Ada Potongan

Tuesday, November 9, 2021


TEGAL,MATALENSANEWS.com - (5/11/2021) Wakil Komisi X DPRRI Abdul Fikri Faqih menyampaikan sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP). Sosialisasi diadakan oleh SMK Bhakti Praja Margasari. Sebanyak 290 siswa sekolah tersebut menjadi penerima PIP. 


Dalam kesempatan tersebut, Fikri menyampaikan bahwa PIP merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM Kabupaten Tegal pada tahun 2019 adalah 68,24 dan kemudian 68,39 pada tahun 2020. Adapun peringkat IPM tersebut berada pada peringkat 25 dari 35 Kabupaten/Kota Tegal. IPM mengukur tiga hal, yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Ketiga unsur tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan saling memengaruhi satu sama yang lainnya. PIP membantu memastikan anak didik mempunyai kemampuan mengikuti program pendidikan. Sehingga diharapkan bisa mendongkrak capaian IPM.


Fikri menyebutkan, ada beberapa hal yang perlu diingat dalam pencairan dana PIP tersebut, Pertama, harus tepat sasaran dan sampai kepada siswa yang dibutuhkan dan diusulkan, karenanya     kelengkapan administrasi harus dipenuhi. Kedua, program ini murni untuk siswa bukan untuk lembaga, istansi atau penyalur, karenanya harus dipastikan tidak ada potongan yang diterima oleh siswa. Ketiga, Tepat peruntukanya yaitu untuk kegiatan kependidikan, karenanya jangan sampai dipakai untuk diluar keperluan pelaksanaan Pendidikan siswa.


Kepala Sekolah SMK Bhakti Praja Margasari, Akhmadi, memberikan apresiasi atas bantuan penyaluran aspirasi Abdul Fikri Faqih karena anak didiknya bisa dibantu mendapat PIP.


Fikri berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk peserta didik di daerah pemilihannya. (*)

[9/11 16.46] Tegal HARTADI S: Jajaran Polres Kendal Gencarkan Vaksinasi Malam


KENDAL - Polsek Sukorejo memantau hasil kegiatan vaksinasi malam dosis 2 di wilayah Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, bertempat di Mapolsek Sukorejo Jl.Tlangu No.14 Sukorejo Kendal, Senin (8/11/2021) pukul 15.00 Wib sampai pukul 19.00 Wib. Peserta dalam kegiatan tersebut adalah warga masyarakat umum Kecamatan Sukorejo.


Hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Sukorejo Iptu Sugeng, S.H. Kasubagkerma Polres Kendal Iptu Teguh Prijanto, Kanit Bintipsos Sat Binmas Polres Kendal Ipda Karyono. Kasidokkes Polres Kendal Aipda A. Untung Andi Jajang, AMK, Nakes Polres Kendal, anggota Polsek Sukorejo, Relawan dan Satgas Covid Desa Sukorejo.


Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Sukorejo Iptu Sugeng, S.H menyampaikan imbauan agar masyarakat mematuhi prokes, dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.


"Kami sampaikan kepada warga masyarakat yang mengikuti vaksinasi untuk tetap memakai masker, dan tetap mematuhi protokol kesehatan, serta tetap mematuhi 5 M, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi. Vaksinasi ini dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dilingkungan masyarakat," ujar Sugeng.


"Hasil dari kegiatan vaksinasi malam dosis 2 sinovac hadir 564 orang, tertunda 11, tervaksin, 553, 551 dosis 2 dan dosis 1," pungkas Kapolsek Sukorejo.


Sementara itu Auliya (25) warga Sukorejo mengatakan bahwa dirinya baru mengikuti vaksinasi karena selama ini dirinya bekerja dan belum sempat vaksin, dikarenakan selama ini vaksin hanya siang hari.


"Alhamdulillah saat ini saya bisa vaksin, karena saya kerja siang hari jadi belum sempat vaksin, kali ini saya sudah vaksin, semoga bisa membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona," kata Auliya. (*)