Pengamanan Pergantian Tahun Baru, Polres Magelang Fokus ke Sejumlah Titik Rawan dan Razia Miras -->

Header Menu

Pengamanan Pergantian Tahun Baru, Polres Magelang Fokus ke Sejumlah Titik Rawan dan Razia Miras

Monday, December 27, 2021


MAGELANG,MATALENSANEWS.com- Pada malam Pergantian Tahun Baru, Polres Magelang akan memprioritaskan pengamanan pada 6 titik rawan yang tersebar di wilayah Kabupaten Magelang. Di antaranya kawasan Candi Borobudur, Simpang Artos, perbatasan wilayah utara di simpang Tiga Secang, dan di wilayah selatan di perbatasan wilayah Magelang- Sleman Kecamatan Salam dan wilayah Muntilan.


Demikian ditekankan Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H., S.I.K. dalam Apel Jam Pimpinan di halaman Mapolres, Senin (27/12/2021). Ditegaskan pola pengamanan Pergantian Tahun Baru dilaksanakan dengan beberapa skenario.


“Ada beberapa skenario pengamanan dan semua itu untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif pada malam pergantian tahun,” tegas Kapolres Magelang.


Kapolres Magelang mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang telah mengamankan jalannya kegiatan ibadah Misa Natal. Yang mana dimulai hari Jumat (24/12/2021) sampai dengan hari Minggu (26/12/2021) lalu. 


“Alhamdulillah, semuanya berjalan sesuai dengan rencana dan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Magelang aman,” ucapnya.


Selain itu, Kapolres Magelang juga memerintahkan kepada jajaran Reserse. Baik itu Reserse Narkoba maupun Reserse Kriminal untuk terus melaksanakan kegiatan razia terhadap peredaran Miras.


“Razia terus dilaksanakan, karena miras ini bisa memicu terjadinya kejadian-kejadian kriminalitas. Apakah itu perkelahian maupun penganiayaan sehingga dapat menimbulkan orang luka, bahkan bisa berakibat orang meninggal dunia,” tegasnya.


Kapolres mengimbau, dalam pelaksanaan razia tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Selanjutnya, AKBP Sajarod menyampaikan bahwa saat ini situasi Kamtibmas dan penanganan Covid-19 dapat terkendali dan berangsur-angsur membaik. Meskipun ancaman terkait penularan maupun penyebaran Covid-19 ini masih di depan mata. Terlebih adanya varian baru yakni Omicron dan yang lainnya.


“Maka, tetap tingkatkan protokol kesehatan. Ingatkan diri kita, keluarga kita, saudara-saudara kita dan masyarakat kita untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” imbaunya.


Presiden Joko Widodo, lanjut Kapolres, menargetkan untuk kegiatan vaksinasi dosis pertama pada bulan Desember harus mencapai 70%. Sementara di Kabupaten Magelang, pencapaian vaksinasi baru tercapai 69,13% dan masih ada kekurangan 0,87% dari target sasaran.


“Para Kapolsek saya perintahkan untuk mencari sasaran dan kita akan melaksanakan serbuan vaksinasi ke wilayah Polsek-Polsek yang membutuhkan vaksin,” pinta AKBP Sajarod. (Wahyu Nugroho)