DPUPR Genjot Peningkatan Jalan Kabupaten Pulau Taliabu -->

Header Menu

DPUPR Genjot Peningkatan Jalan Kabupaten Pulau Taliabu

Monday, February 7, 2022


TALIABU,MATALENSANEWS.com -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara menargetkan Proyek pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Kilo sampai dengan Desa Pencado Pulau Taliabu (Dari Urpil Rusak Menjadi Lapen) tahun 2021 selambat lambatnya 1 ( Satu) bulan 20 hari kalender akan mulai dari bulan Pebruari tahun 2022, hingga selesai 100 persen.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pulau Taliabu Supriyidno  mengatakan, bahwa kontraktor dari PT. PRATAMA SINAR PAPUA, (Akrawi) sementara lagi pemuatan alat berat dari Luwuk Sulawesi Tengah untuk menuju lokasi Desa Pencado Kecamatan Taliabu Selatan Pulau Taliabu.


“Kendati target kemarin tidak tercapai lantaran cuaca laut kurang maksimal. Akhirnya pemuatan alat berat terhambat. Kontraktor memastikan pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Kilo sampai dengan Desa Pencado Pulau Taliabu (Dari Urpil Rusak Menjadi Lapen) tahun 2021 akan rampung di bulan Maret tahun 2022 ini." katanya, Selasa (08/2/2022).



Lanjut. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) terus menggenjot pembangunan insfrastruktur jalan guna mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah Desa Pencado dan Desa Kilo Pada Tahun 2022 ini, DPUPR mengalokasikan dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total nilai kontrak kerja Sebesar Rp 4.978.250.884,94.- ( Empat miliar sembilan ratus tujuh puluh delapan juta dua ratus lima puluh ribu delapan ratus delapan puluh empat rupiah) untuk pekerjaan Peningkatan Jalan Desa Kilo ke Desa Pencado Kecamatan Taliabu Selatan akan tuntas di tahun 2022 ini.



Selain itu,  untuk Peningkatan Jalan Dalam Kota Bobong (Butas) Pulau Taliabu akan di percepat. Sebab Anggaran jalan Sebesar Rp 10.943.580.456,99.- ( Sepuluh miliar sembilan ratus empat puluh tiga juta ).



Selanjutnya Peningkatan Jalan Tikong - Nunca ( Butas) Lanjutan dengan sebesar nilai anggaran Sebesar Rp 10.939.145.035,14.- ( Sepuluh miliar sembilan ratus tiga puluh sembilan juta ). DPUPR Pulau Taliabu target akan dipercepat samua pembangunan jalan yang sudah dianggarkan itu akan tuntas di tahun 2022 ini." Ungkap Ino melalui telpon seluler pada media ini. Selasa, 8 Pebruari 2022.


 

Masih Ino, Peningkatan jalan Kabupaten diharapkan mampu memperlancar jalur transportasi dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu.


“Harapannya pembangunan ini dapat memperlancar lalu lintas orang dan barang, yang terpenting adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi apalagi di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.


Sementara itu, kontraktor dari kontraktor dari PT. PRATAMA SINAR PAPUA, (Akrawi) mengatakan, pembangunan jalan yang sudah berjalan di tahun 2021 kemarin itu tersendat karena cuaca laut kurang maksimal mengakibatkan pendaratan alat berat terhambat. Dan kami akan rampung pada bulan maret 2022, mendatang.


“Untuk pembangunan sampai saat ini tidak ada kendala, hanya mengatur pendaratan alat berat ke lokasi saja yang terhambat,” tuturnya.


Kami harapkan bisa memberikan kelancaran, keselamatan dan keamanan para pengguna jalan. Sehingga target percepatan pertumbuhan ekonomi pada masyarakat Pulau Taliabu dapat tercapai.


( Jek/Redaksi)