Dengan Adanya Revitalisasi Danau Rawa Pening Diharapkan Akan Lebih Banyak Manfaat Yang Di Dapat Masyarakat -->

Header Menu

Dengan Adanya Revitalisasi Danau Rawa Pening Diharapkan Akan Lebih Banyak Manfaat Yang Di Dapat Masyarakat

Monday, March 14, 2022


Ungaran,MATALENSANEWS.com- ,Revitalisasi danau Rawa Pening yang sudah berlangsung dan akan di lanjutkan ke tahap berikutnya pastinya akan berdampak pada masyarakat sekitar danau Rawa Pening, untuk itu Kodam Diponegoro bersama BBWS mengadakan Sosialisasi Revitalisasi Rawa Pening di desa Candirejo kecamatan Tuntang kabupaten Semarang , Senin (14/03/2022).


Hadir dalam acara sosialisasi antara lain, Dandim 0714/Salatiga yang di Wakili Kapten Cba M.Kurdi,SE (Pasiter Kodim 0714/Slg, Mayor Ctp Herzam Kasi Surdata Topdam lV, Kapten Arh Sunaryo Danramil 05 Tuntang, AKP Suprapto,S.H., Kapolsek Tuntang, Lettu Czi Prasetyo Danki Zipur, Haryono Kabid Perikanan, Heru Prijono Pelaksana BBWS, Tri Gunawan Setiyadi, S.Psi Kades Candirejo, Rohmad, S.H., Kades Sraten, Warga Desa Candirejo dan Warga Desa Sraten yang memiliki lahan pertanian maupun pemilik Keramba Jaring Apung yang terdampak revitalisasi Rawa Pening.


Danau Rawa Pening  merupakan Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), irigasi, perikanan maupun pariwisata. Namun dengan semakin banyaknya tanaman enceng gondok serta pendangkalan, menurunkan kualitas dan fungsinya.


Selanjutnya Kodam IV/Diponegoro bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melakukan revitalisasi Danau Rawa Pening, guna mengembalikan fungsi alami danau sebagai penampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air enceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai, sehingga nantinya bisa memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat sekitar.


Dandim 0714/Salatiga yang di wakili Kapten Cba M.Kurdi, S.E., mengatakan bahwa nantinya setelah selesai semua akan banyak manfaat yang di terima masyarakat sekitar, namun hal itu mustahil dapat tercapai tanpa adanya kerjasama dengan semua lapisan masyarakat.


"Semoga dengan adanya kerjasama yang baik, manfaat dari Revitalisasi danau Rawa Pening akan segera kita nikmati hasilnya, terangNya.


Sebagai kelanjutan revitalisasi danau Rawa Pening, normalisasi sungai sudah di mulai, dengan harapan sungai yang dangkal akan kembali normal sekaligus untuk memperbaiki tanggul sungai yang jebol akibat terkikis banjir beberapa hari yang lalu.(Tri)