Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 -->

Header Menu

Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022

Guntur Matalensa
Tuesday, March 1, 2022


Salatiga,MATALENSANEWS.com - Kepolisian Resor Salatiga pagi ini Senin (01/03/2022) melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022. Adapun selaku Pimpinan Apel adalah Kapolre Salatiga AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si., dan komandan apel adalah Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Salatiga Iptu Yosep Heru Utomo, SH sedangkan Perwira Apel Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Arfian Rizky Dwi Wibowo, S.I.K.


Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kota Salatiga, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM yang diwakili Wakil Walikota Salatiga Muh Harris SS MSi, Dandim 0713 Letkol Inf Ade Siregar SE MSi, Kepala PN Abdul Latif SH MH, Kepala Kejaksaan Herwin Ardiono, S.H, Pejabat Utama Polres Salatiga, Kapolsek jajaran, sedangkan pasukan apel adalah ratusan personil gabungan dari Denpom Salatiga, TNI, Anggota Polres Salatiga, Satpol PP serta Dinas Perhubungan Kota Salatiga.


Kapolres Salatiga dalam amanatnya membacakan Amanat dari Kapolda Jawa Tengah menyampaikan bahwa tema Operasi Keselamatan Tahun 2022 "Melalui Operasi Keselamatan 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Sitkamtibmas Yang Kondusif Serta Dalam Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19".


Permasalahan Bidang Lalu Lintas telah berkembang sangat cepat dan dinamis, sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, kendaraan sebagai alat transportasi dalam mobilitasnya untuk memenuhi kebutuhan hidup, dimana perkembangan transportasi juga menginjak era digital, sehingga modernisasi tersebut perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, agar mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul.


Polri telah menetapkan kelender Operasi Keselamatan Lalu Lintas yang rutin setiap tahun, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 ini merupakan  operasi cipta kondisi kamseltibcarlantas berupa kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.


Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 dilaksanakan selama 14 hari dimulai hari ini Senin 01/03/2022 sampai dengan Senin 14 Maret 2022 secara serentak diseluruh Indonesia, diharapkan dengan Operasi ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meminimalisir fatalitas laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia.


Penekanan dalam Operasi ini antara lain, mengutamakan keselamatan dan bisa menjadi contoh dalam mempedomani prokes, hindari pungli dan tindakan yang menjadi triger ketidakpercayaan masyarakat terhadap Polri, hindari tindakan yang kontra produktif serta sikap arogansi sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan masyarakat, hindari komplain dari masyarakat dan laksanakan tugas dengan baik yang  disertai doa.


"Selamat melaksanakan Tugas Operasi Kepolisian Dengan Sandi Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022", ucap AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si. mengakhiri amanat dari kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi SH SSt MK.


Selesai gelar Pasukan Kapolres Salatiga dihadapan awak media menyampaikan bahwa dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 ini diprioritaskan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, serta membantu pemerintah dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya varian baru Omicron, ungkap AKBP Indra Mardiana, S.H, S.I.K, M.Si.


( HUmas/Wahyu N)