Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Sabtu, 19 Maret 2022, 12:24:00 PM WIB
Last Updated 2022-03-19T05:24:45Z
NEWSSejarah dan Budaya

Menyambut Bulan Purnama Tjokorda Sutedja Pemayun Membuat Festifal Budaya Di Puri Pemayun Sidemen

Advertisement


Bali,MATALENSANEWS.com-Perayaan menyambut bulan purnama kali ini Raja Karang Asem Tjokorda Sutedja Pemayun membuat festifal seni budaya dan adat bali, Sabtu (18/Maret/22)


Walaupun acara masih dalam pandemi akan tetapi kita tidak boleh fakum dan diam untuk membuat acara ini.kita harus optimis dan tetap terus bersemangat dalam menjalankan program untuk masyarakat khususnya dibali.


Dalam menyambut bulan purnama ini masyarakat meramaikan dengan mendatangi puri-puri dengan membawa aneka sesajen dan bunga yang dihiasi janur untuk menghormati para dewa.


Ritual bulan purnama ini diisi dengan doa,musik gamelan,tarian dan kegiatan sosial.


Rangkaian upacara dikuil ini dan ritual pemurnian diri dari umat hindu dengan mengunakan air suci,asap dupa,kelopak dan bulir padi.


Purnama dianggap sebagai hari suci di bali,karena dipercaya dewa-dewi turun kebumi dan memberikan restunya.



Umat hindu dibali juga mempercayai purnama,sebagai waktu yang ideal untuk penyembuhan dan bimbingan serta melakukan perbuatan baik.


Tjokorda Sutedja Pemayun juga yakin dengan doa dan ritual purnama ini perekonomian masyarakat bali akan kembali hidup dengan harapan dibukanya turis asing bisa masuk kembali kembali.(srdj / Vio Sari )