Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Jumat, 29 April 2022, 6:56:00 PM WIB
Last Updated 2022-04-29T11:56:36Z
BERITA POLISINEWS

Kapolres Pastikan Jalur Pantura Demak Lancar Jalang Lebaran

Advertisement


Demak,MATALENSANEWS.com- Arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H di wilayah Kabupaten Demak, mendapat perhatian serius Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono.


Memastikan kelancaram arus lalu lintas jalan pantura Demak, Kapolres memantau langsung di Pos Pengamanan (Pos Pam) Trengguli, depan SPBU Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Jum'at (29/4/2022) sore.


Kapolres mengatakan, menghadapi lebaran tahun ini, pihaknya menggelar Operasi Ketupat Candi 2022, dengan mempersiapkan Pos Pengamanan di 5 titik, yakni Pos Alun-alun Simpang Enam Demak, Pos Mranggen, Pos Karangawen, Pos Onggorawe dan Pos Trengguli.


“Kegiatan ini dalam rangka pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas”, kata Kapolres.


AKBP Budi mengimbau, pengemudi atau pengendara kendaraan untuk mematuhi aturan dan tertib berlalu lintas di jalan raya.


“Perlu kesadaran pengendara untuk sama – sama menjaga supaya tidak terjadi kecelakaan di jalan raya. Patuhi, baik aturan berkendara maupun kelengkapan kendaraan”, imbaunya.


Polres Demak telah mengantisipasi sedini mungkin kerawanan terjadinya gangguan ketersendatan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Demak.


"Kami melakukan pantauan di lokasi rawan kepadatan arus lalulintas. Ada tiga lokasi yang menjadi konsentrasi kami, yakni Trengguli, Karangtengah, dan Mranggen-Karangawen," ujarnya.


Operasi Ketupat Candi ini, lanjut Kapolres, juga dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif.


"Kami juga lakukan upaya secara pre-emptif, preventif maupun represif untuk mencegah terjadinya tindak kriminal di wilayah Demak. Supaya masyarakat tenang dan nyaman dalam merayakan Idul Fitri," ungkap Kapolres.


Pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu – lintas, manakala situasi ke depan, utamanya pada saat malam takbiran, terjadi kepadatan arus lalu lintas.


“Melihat situasi dan perkembangan. Terutama pada malam takbiran, akan dilakukan pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas kalau memang padat," lanjutnya.


Sampai dengan sore ini, sebut Kapolres, arus lintas pantura, baik dari arah barat maupun dari arah timur, cukup padat dan volume kendaraan mengalami peningkatan.


“Diperkiraan, puncak arus mudik akan terjadi jelang lebaran, yaitu H-2 atau mulai Sabtu (30/4/2022) besok. Maka, kita lakukan antisipasi kemacetan serta pengaturan di sejumlah titik agar lalu lintas berjalan lancar”, tandas AKBP Budi.(Aris/Hms)