Pertamina Resmi Larang SPBU Layani Pembeli Pertalite yang Pakai Jeriken -->

Header Menu

 


Pertamina Resmi Larang SPBU Layani Pembeli Pertalite yang Pakai Jeriken

Thursday, April 7, 2022

Gambar : ilustrasi

MATALENSANEWS.com-
Kabar terbaru terkait PT Pertamina (Persero) resmi mengeluarkan larangan terkait pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite bagi konsumen yang menggunakan jerikan, drum dan sejenisnya.


Dikabarkan bahwa larangan tersebut setelah sebelumnya terjadi polemik kelangkaan pertalite pascadinaikkannya harga pertamax. Banyak konsumen yang kemudian memborong pertalite secara besar-besaran untuk dijualkembali kepada masyarakat.


“Sehubungan dengan perubahan status Pertalite dari Jenis BBM Umum (JBU) menjadi Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP), maka bersama ini kami tegaskan bahwa SPBU/Lembaga Penyalur DILARANG melayani pembelian Pertalite dengan jeriken/drum yang digunakan untuk diperjualbelikan kembali (pengecer),” ujar Fedy Alberto, Region Manager Retail Sales Jatimbalinus, dalam keterangan resminya, Kamis (7/4/2022).


Fedy menambahkan, aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) harus menjadi perhatian utama pelayanan di SPBU/Lembaga Penyalur BBM, mengingat Pertalite merupakan BBM jenis Gasoline yang termasuk kategori barang mudah terbakar.


“Apabila terjadi pelanggaran pelayanan Pertalite, maka akan diberi pembinaan/sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Fedy.