Proyek Masjid Salenga Telan Anggaran 2 Miliar Lebih Belum Tuntas, Kabid Cipta Karya Bilang Itu Sudah Sesuai Progres -->

Header Menu

Proyek Masjid Salenga Telan Anggaran 2 Miliar Lebih Belum Tuntas, Kabid Cipta Karya Bilang Itu Sudah Sesuai Progres

Tuesday, April 12, 2022


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Habiskan Rp 2 miliar lebih. atau Sebesar Rp 2.226.221.124.- ( Dua miliar dua ratus dua puluh enam juta dua ratus dua puluh satu ribu rupiah) atas pekerjaan Proyek pembangunan Masjid Salenga/Mangga Satu Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu Belum juga Tuntas.


Padahal pekerjaan Proyek pembangunan Masjid Salenga/Mangga Satu Desa Bobong ini di bangun sejak Tahun 2019 lalu dengan total luas ukuran bangunan kurang lebih sekitar 11 m x 18 meter.


Diketahui bahwa pada Tahun 2019, proyek tersebut dianggarkan melalui ABPD murni. Pemerintah daerah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Menganggarkan Proyek pembangunan Masjid Salenga/Mangga Satu Desa Bobong sebesar Rp 705.940.051.- ( Tujuh ratus lima juta lebih) dan dilaksanakan pekerjaan oleh CV.Anugrah Makmur.


Selanjutnya dianggarkan di APBD 2020 sebesar Rp 380.039.900.- ( Tiga ratus delapan puluh juta lebih) dan dilaksanakan pekerjaan oleh CV.Tiga Putra. 


Kemudian di Tahun 2021, dua kali dianggarkan yaitu; APBD murni sebesar Rp 533.349.300.- ( Lima ratus tiga puluh tiga juta lebih) dan dilaksanakan pekerjaan oleh CV.Berkat Porodisa.


Serta di anggarkan juga pada APBD-P Tahun 2021 Sebesar Rp 606.891.873.- ( Enam ratus enam juta lebih). Sehingga total anggaran pembangunan Masjid Salenga/Mangga Satu Desa Bobong itu Sebesar Rp 2.226.221.124.- ( Dua miliar lebih).


Ini berdasarkan hasil pantauan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik ( LPSE) Kabupaten Pulau Taliabu. Selasa, (12/04/2022). Proyek pembangunan Masjid Salenga/Mangga Satu tersebut terdapat sejumlah pekerjaan yang belum selesai dikerjakan seperti, Tehel dalam ruangan belum juga terpasang habis, Tehel pada bagian teras belum terpasang sama sekali, Plafon bagian dalam dan bagian teras belum terpasang, WC dan tempat Wudhu belum selesai di kerjakan dan sebagian bangunan pun belum selesai dicat.


Sementara Rahmat Plt.Kabid Cipta Karya Dinas PU-PR Kabupaten Pulau Taliabu saat di konfirmasi salah satu media Senin, (11/04/2022) terkait dengan pekerjaan Proyek pembangunan Masjid Salenga/Mangga Satu yang belum selesai dikerjakan tersebut dirinya mengatakan bahwa itu sudah sesuai progres.


"Memang pekerjaan itu sudah sesuai dengan progres, kalau sebagian yang belum selesai di kerjakan itu karena anggaran lanjutannya di APBD Perubahan itu belum cair," ungkap Rahmat


Kemudian ketika disinggung terkait dengan keterlambatan pekerjaan tersebut, Rahmat mengaku dirinya tidak tahu. " Kalau soal keterlambatan itu saya tidak tahu," katanya.


Sementara pihak rekanan (kontraktor) belum dapat di konfirmasi karena masih ada berada di luar daerah. "Bos masih di di luar daerah belum balik, yang pengawas pekerjaan ini juga ada pulang kampung," ungkap salah satu kariawan kerja kepada Haliyora Selesa (12/04).


Untuk di ketahui bahwa, meski pun belum selesai dikerjakan Masjid Salenga/Mangga Satu Desa Bobong tersebut sudah di gunakan oleh warga masyarakat Dusun Salenga Desa Bobong untuk beribadah pada bulan suci Ramadhan.


Imam Masjid Salenga/Mangga Satu, Muane Mujahidin, kepada Haliyora Selesa (12/04) usai sholat Duhur, di Masjid Salenga/Mangga Satu mengantakan bahwa pengunaan masjid ini hanya berstatus pinjam pakai.


"Atas dasar keinginan warga di mangga satu ini, dan kebutulan juga dalam bulan puasa sehingga kami berkordinasi dengan Kepala Desa untuk meminjam masjid ini untuk kami gunakan sholat pada bulan puasa ini, dan itu di setujui oleh Kepala Desa, Hi.Muhdin Suamole sehingga kami pakai saat ini.dan ini hanya kami pinjam pakai saja," jelas Muane Mujahidin.


( Jek/Redaksi)