Babinsa Dan Petani Tanggulangi Hama Pengerek Batang -->

Header Menu

Babinsa Dan Petani Tanggulangi Hama Pengerek Batang

Guntur Matalensa
Sunday, June 5, 2022


Boyolali,MATALENSANEWS.com– Babinsa Ngaglik Koramil 10/Sambi Kodim 0724/Boyolali Sertu Marjoko  mendampingi Dinas Pertanian Boyolali  melaksanakan penyemprotan tanaman padi untuk mengendalikan hama pengerek batang di Desa Ngaglik Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Sabtu ( 4/6/2022)


“Dari hasil pemantauan Dinas Pertanian Kecamatan Sambi, lahan padi di wilayah Desa Ngaglik kami temukan hama pengerek batang padi di beberapa tempat. Guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, maka kami berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali agar segera mengambil langkah untuk menanggulangi permasalahan ini,

Babinsa bersama Dinas Pertanian Kecamatan Sambi dan petani setempat bersama-sama berusaha mengantisipasi serangan hama pengerek batang tersebut dengan melakukan penyemprotan menggunakan obat insektisida bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali.


Babinsa menambahkan bahwa hama pengerek batang merupakan hama yang sering menyerang tanaman padi petani. Penyebaran hama ini sangat meresahkan, lantaran dapat menyebabkan gagal panen dan mengakibatkan kerugian yang besar para petani. 


Bermacam cara dilakukan petani untuk mengatasi hama wereng ini namun sering kali tidak membuahkan hasil, karena sulitnya dalam penanganan hama tersebut.

“Pelaksanaan penyemprotan harus dilaksanakan secara serentak, agar hama ini tidak berpindah meluas ke sawah yang lain, penyemprotannya pun langsung kebagian batang padi, sehingga akan efektif dan langsung mengenai sasaran dimana hama tersebut bersarang,” tandas Sertu Marjoko.


Penyemprotan tersebut dilakukan para petani dengan Babinsa untuk memberantas hama, guna mensukseskan swasembada pangan di wilayah Kecamatan Sambi menurutnya, tanaman padi merupakan komoditas utama dan perlu diperhatikan dalam segi perawatannya, sehingga membutuhkan teknik-teknik dan strategi khusus, terlebih ketika padi mulai diserang hama dan penyakit.


(Agus Kemplu)