Mendag Kampanye Anak, Direktur P3S: Bisa Saja Ditiru Menteri Lain -->

Header Menu

Mendag Kampanye Anak, Direktur P3S: Bisa Saja Ditiru Menteri Lain

Guntur Matalensa
Wednesday, July 13, 2022


Jakarta,MATALENSANEWS.com-Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan apa yang dilakukan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan hingga menjadi perbincangan publik ini menuai sisi negatif.


Pasalnya, jika tak ada teguran maka bisa saja hal ini dilakukan oleh para menteri atau pejabat publik lainnya.


"Sisi negatifnya nanti bisa saja gaya Zulhas ditiru menteri yang lain, ini bisa berakibat buruk dan opini publik akan buruk," katanya Rabu (13/7/2022).


Jerry mengatakan saat ini kisaran harga minyak goreng masih terbilang tinggi. Maka seharusnya, Zulhas fokus pada pekerjaan yang telah ditugaskan Presiden Jokowi sebagai Mendag.


"Bagi saya terlalu naif kampanye minyak goreng yang harganya masih selangit di warung-warung dan toko-toko," paparnya.


Sebelumnya,  Jerry jugw mengatakan kondisi yang masih krisis minyak goreng dan masalah harga di pasaran anjlok, tak elok bagi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memakai cara-cara jadul (kuno-red).


"Kalau mau turun bisa tapi tak usah kampanye dan saat ini Zulhas harus mampu memposisikan dirinya, kenapa waktu belum menteri dia tak membagi-bagi minyak goreng? kan janggal," ungkapnya.


Ia menyarankan Zulhas untuk fokus di masalah sektor perdagangan, atau mengembangkan program bagi-bagi minyak goreng bagi warga miskin di Indonesia.


"Itu lebih terhormat daripada hanya ke anaknya. Serahkan saja ke anggotanya untuk bantu kampanye anaknya," katanya.


Terkait teguran Presiden RI Joko Widodo, Jerry menilai kalau Zulhas sebagai Mendag harus mendengarkannya.


"Instruksi presiden harus di dengar; atau dia bisa beli sendiri minyak goreng dan dibagikan atas nama partai tapi sebaiknya bukan Zulhas yang jor- joran memenangkan anaknya," ujarnya.


"Kan masih lama juga pilkadanya tahun 2024, masih ada banyak cara yang lebih etis," katanya.(TRI/Red)