Pipa Induk Rusak, Pasokan Air Bersih ke Ribuan Pelanggan PDAM Taliabu Terhambat -->

Header Menu

 


Pipa Induk Rusak, Pasokan Air Bersih ke Ribuan Pelanggan PDAM Taliabu Terhambat

Saturday, July 30, 2022


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara di beberapa hari kedepan tampaknya harus bersabar. Pasalnya pasokan air bersih dipastikan tidak akan mengalir ke rumah-rumah pelanggan.


Hal ini disebabkan oleh rusaknya pipa induk yang berada di dua titik Ratahaya, Pipa dengan diameter 500 mm itu Rusak karena musim hujan mengakibat banjir di Sungai Ratahaya tak mampu menahan tekanan air.


Direktur Keuangan bersama Dirut PDAM Kabupaten Pulau Taliabu, Surya Darma mengatakan, pihaknya saat ini telah menerjunkan tim ke lokasi kejadian untuk melakukan perbaikan. Hanya saja perbaikan pipa induk memerlukan waktu cukup lama. Mengingat kerusakan cukup parah.


"Apalagi pipa induk yang rusak ini adalah pipa yang mendistribusikan hampir 90 persen air bersih ke pelanggan. Setidaknya butuh waktu kurang lebih satu minggu untuk perbaikan. Kita terus upayakan secepatnya agar pasokan air ke pelanggan tidak terganggu," ujarnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (30/7/2022), sore tadi.


Dia bilang, Kondisi alur pipa PDAM diratahaya, sementara pipa ada dibawah akar pohon Salawaku besar dan tumpukan rumpun bambu yang berlapis dengan kondisi air yang sedang banjir dan kabur.


Kata Dia, Direktur Tehnis Pak Kisman Janu sedang mengamati keberadaan pipa, Kami berharap kepada masyarakat setempat agar  bersabar karena cuaca sedamg tak bersahabat. ( Jek/Redaksi)