Danrem 073/MKT Berikan Materi Pada Orientasi Dan Diklat Koti Mahatidana MPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah -->

Header Menu

Danrem 073/MKT Berikan Materi Pada Orientasi Dan Diklat Koti Mahatidana MPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah

Sunday, August 21, 2022


Kab. Semarang,MATALENSANEWS.com–Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono yang diwakili Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi S.I.P., M.A.P., hadir dalam kegiatan Diklat Komando Inti  Mahatidana MPW Pemuda Pancasila Jateng tahun 2022. Bertempat di barak  latihan TNI-AD  Bantir Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sabtu, (20/8/2022).


Pada kesempatan tersebut, Danrem menyampaikan materi tentang Implementasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari 4 konsensus dasar dalam perspektif diantaranya, penjabaran Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  memiliki latar belakang sejarah terwujud kemerdekaan dengan perjuangan, pengorbanan dan jiwa nasionalisme.


Pentingnya pemahaman dan pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan berisi tentang permasalahan bangsa, melemahnya penghayatan dan pengamalan Pancasila dalam mengiplemasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


“Paradigma Pancasila, UUD 1945 di tanah air Indonesia sebagai dasar yang harus di tanamkan setiap warga negara,”ucap Danrem,


Implementasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila adalah kesatuan, sila-sila nya tidak bisa berdiri sendiri  dimana sila satu sebagai landasan seluruh sila, sila dua sebagai landasan berbangsa sila tiga sebagai landasan bernegara sila empat sebagai pedoman bernegara sila lima sebagai tujuan negara.


“Wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI berbangsa dan bernegara. Esensi nilai kebangsaan berisi tentang nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan,”tegasnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, Danrem 073/Makutarama, Aster Kasdam IV/Diponegoro, Dandim 0714/Salatiga diwakili Pabung Mayor Kav Budi Saroyo, Kasiter Korem 073/Makutarama, Danramil 10/Sumowono, Komandan Koti MPW Pemuda Pancasila Jateng dan Ketua MPW Pemuda Pancasila Jateng.(TRI/Penrem 073/Makuatarama).