Wujud Nasionalisme Dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda, Warga Salatiga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang Satu kilometer -->

Header Menu

Wujud Nasionalisme Dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda, Warga Salatiga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang Satu kilometer

Guntur Matalensa
Friday, October 28, 2022


Laporan : Wahyu/TRI

SALATIGA,MATALENSANEWS.com-Bendera Merah Putih sepanjang satu kilometer dibentangkan oleh warga Salatiga. Hal itu merupakan wujud nasionalisme dalam rangka hari Sumpah Pemuda. Acara yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Salatiga (Ikasmanssa) diikuti oleh ratusan orang. Mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Pemuda, TNI, Polri dan Masyarakat Salatiga.


"Seluruh komponen masyarakat bahkan ada dari TNI dan Polri ikut serta dalam acara ini untuk membentang bendera merah putih sepanjang satu kilometer," beber Ketua Umum Ikasmanssa Pudjo Suseno kepada wartawan Jumat (28/10/2022).


Dijelaskan bentangan bendera itu mulai dari titik Lapangan Pancasila, Jalan Tentara Pelajar, dan selesai di Depan Mapolres Salatiga. 


"Tentunya ini untuk membangkitkan rasa perjuangan di masa lalu, kepada pemuda pemudi Salatiga ini supaya menghormati para pahlawan dan bagaimana cara kita melanjutkan pembangunan pada masa sekarang ini,"katanya.


Diakuinya bendera sepanjang satu kilometer itu dipinjam dari Solo dan baru datang tadi malam.


"Tadi malam juga mengadakan selamatan, supaya acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," jelasnya.



Diharapkan dengan acara ini, kata Pudjo akan semakin membawa nama Salatiga mendunia.


"Kita buktikan bahwa semua komponen masyarakat bisa bergabung dengan membawa bendera merah putih ini sepanjang satu kilometer,"terangnya.


Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Salatiga Amrih sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia menurunkan 165 siswanya dalam pembentangan bendera ini. Menurutnya, ini memupuk rasa kebanggaan atas tanah air kepada para pelajar.